Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo terletak di daerah pedalaman dan sangat terpencil serta sedikit terisolir. Ada banyak hal yang cukup terlalu natural yang mungkin hanya dapat dijumpai di area tersebut. Salah satunya adalah kehidupan alam sekitar.

Area air terjun terletak di antara hutan yang lindung dengan satwa liar yang masih berkeliaran dengan bebas. Meskipun cukup mengganggu, tetapi setiap pengunjung sangat diharapkan supaya tidak menyakiti semua satwa liar yang ada. Kami juga telah merangkum tempat wisata air terjun ini dalam paket wisata jogja terlengkap.

Untuk kondisi dari air terjun ini hampir sama dengan curug grojogan Banyu Tibo. Pesona air terjun tidak dapat disaksikan setiap saat. Namun di destinasi wisata air terjun ini masih dapat dijumpai curug yang mengalir. Hanya saja kondisi air sedikit berlumpur, karena pasokan air diblok dan diprioritaskan untuk irigasi penduduk setempat.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sidoharjo

Meskipun cukup terpencil dan terisolir, tetapi daya tarik dari destinasi wisata jogja tersebut cukup mempesona. Berikut ini adalah daya tarik dari curug Sidoharjo :

1. Pesona pelangi

Untuk daya tarik ini, tidak terjadi setiap saat. Namun hal ini menjadi sangat istimewa dan fenomenal serta langka. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama.

Dapat menyaksikan moment tersebut menjadi suatu pengalaman yang sangat mengesankan yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Sebab sangat jarang dapat menyaksikan pesona pelangi dari jarak yang sangat dekat,

Karena biasanya pelangi hanya disaksikan dari jarak jauh. Selain itu titik yang menjadi tempat pelangi, biasanya sulit untuk ditemukan.

2. Wahana outbond

Fasilitas outbond yang tersedia dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengisi waktu luang ketika berada di destinasi wisata Air Terjun Sidoharjo. Jadi suasana liburan menjadi cukup menyenangkan. Semua wahana outbond yang tersedia mempunyai tingkat keselamatan cukup tinggi.

Tetapi ada sebuah wahana yang hanya dapat dilakukan ketika musim hujan, yaitu rafting. Saat musim penghujan, debit air yang cukup tinggi membuat arus mendukung sebagai jalur rafting. Sedangkan pada musim kemarau, terkadang komposisi air dengan lumpur lebih banyak lumpur. Jadi cukup berbahaya jika digunakan sebagai arus rafting.

3. Berendam dalam kolam

Tepat di bawah aliran air terjun, terdapat sebuah kolam yang tidak begitu luas dan dalam. Jadi kolam tersebut dapat dimanfaatkan untuk berendam maupun berenang.

Dengan berenang di dalam kolam, dapat merasakan kesegaran air. Lalu saat arus air tidak begitu deras, dapat dimanfaatkan untuk pijat refleksi.

Lihat juga destinasi air terjun yang indah lainnya: Air Terjun Watu Jonggol

Ketika mengunjungi destinasi Air Terjun Sidoharjo, ada hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut adalah tidak melukai satwa liar yang berkeliaran. Lalu pengunjung juga sebaiknya tidak diperbolehkan untuk memberi makan satwa liar yang ada.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *