Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

Bukit Cumbri Wonogiri yang berada pada ketinggian sekitar 638 mdpl ini menyuguhkan keindahan alam yang instagramable. Tidak heran jika wisata sering dikunjungi oleh muda mudi untuk mendapatkan jepretan yang cantik dan mempesona. Jika Anda menginginkan foto yang menarik dan agak sepi, Anda dapat datang ketika hari kerja. Karena ketika hari libur atau weekdays, bukit ini menjadi serbuan wisatawan.

Bukit Cumbri Wonogiri juga menjadi salah satu tempat wisata terkenal dan hits berkat peran media sosial. Nama bukit diambil dari nama burung besar “Cok-Bri” yang dulunya banyak ditemukan pada kawasan bukit. Burung Cok-Bri atau Burung beri ini suka memangsa hewan ternak milik penduduk, sehingga penduduk berusaha untuk mengusirnya dengan menggunakan tikus. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 3 hari.

Sebelum sampai di puncak Bukit Cumbri Wonogiri, Anda harus berjalan sekitar satu jam terlebih dulu. Meskipun cukup jauh, namun semua akan terbayarkan ketika Anda dihadirkan dengan panorama pemandangan yang begitu indah. Dapat dipastikan Anda tidak akan menyesal untuk mengunjungi wisata favorit dan hits yang satu ini.

Daya Tarik Bukit Cumbri Wonogiri

1. Trekking Menuju Bukit Cumbri Wonogiri

Selain berjalan kaki, wisatawan juga dapat melakukan trekking untuk sampai di Bukit Cumbri Wonogiri. Perjalanan dari area parkir menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Anda harus berhati-hati selama trekking menuju puncak bukit cumbri. Karena struktur tanah yang tidak rata dapat membahayakan diri ketika lengah.

Tidak hanya tanahnya saja, jalanan menuju lokasi juga terdapat banyak batuan yang tinggi dan sisi kanan maupun kiri cenderung curam. Bahkan jalanan tergolong sempit dan hembusan angin di ketinggian yang begitu kencang. Bagi Anda yang memiliki hobi trekking, tentu wajib mencoba wisata yang satu ini dan menaklukkannya.

2. Keindahan Alam diatas Bukit

Bukit Cumbri Wonogiri menyuguhkan dua puncak yang menawan dengan panorama indah di sekitarnya. Ketika menghadap ke barat, Anda akan disuguhkan dengan melihat panorama alam yang dihiasi awan-awan di sekelilingnya. Wisatawan tidak perlu mendongak ke atas untuk melihat keindahan alam.

3. Menyaksikan Sunrise dan Sunset Sekaligus

Bukit Cumbri Wonogiri juga menyuguhkan keindahan ketika sang mentari terbit dan ketika tenggelam. Anda dapat mendatangi wisata ini ketika pagi hari hingga sore hari. Anda akan betah seharian berada disini.

Kedua momen ini sangat ditunggu oleh wisatawan karena pemandangannya lebih indah dibandingkan waktu sebelumnya. Alangkah baiknya jika Anda mengunjungi tempat ini ketika musim hujan. Karena puncak bukit terlihat gersang ketika musim kemarau.

4. Berswafoto di Puncak Bukit Cumbri Wonogiri

Daya tarik terutama bagi kaum milenial yaitu berswafoto dengan berbagai background yang cantik dan instagramable. Wisatawan dapat memilih panorama indah yang disuguhkan sebagai latar belakang untuk berfoto. Keindahan sunrise dan sunset yang dipancarkan pun tidak boleh Anda lewatkan untuk diabadikan.

Selain itu, di Puncak Bukit Cumbri Wonogiri terdapat susunan batu di bagian tebing. Nah, lokasi tersebut menjadi spot foto favorit untuk pengambilan gambar. Anda juga dapat mengambil gambar dengan awan-awan kecil yang mengelilingi bukit.

Spot foto yang tidak boleh dilewatkan yaitu foto dengan background perbukitan yang indah dan eksotis. Ketika Anda di perjalanan atau sedang mendaki menaiki bukit menuju puncak, Anda juga bisa mengambil foto di jalan-jalan pendakian tersebut. Keindahan alam tidak kalah cantiknya untuk diabadikan.

Bukit Cumbri Wonogiri

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Bukit Cumbri Wonogiri sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 0 alias gratis. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 3.000 untuk satu motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Jika ingin bermalam di tenda, Anda hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 untuk tambahan biaya parkir.

Alamat dan Rute Lokasi


Bukit Cumbri Wonogiri berada di perbatasan antara kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Ponorogo. Tepatnya berada di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Jika dari Madiun, arahkan kendaraan menuju arah ponorogo. Setelah itu arahkan kendaraan menuju sampung kemudian sampai di Pager Ukir.

Jika Anda dari arah Solo, Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju jalan Wonogiri lurus mengikuti jalur aspal menuju Ponorogo. Kemudian belok kiri sebelum sampai di Gapura Selamat Datang Kota Ponorogo. Setelah itu, lurus terus menuju Purwantoro dan Desa Biting. Ikuti petunjuk arah untuk sampai di di Bukit Cumbri Wonogiri. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil murah di jogja.

Ada empat jalur pendakian yang dapat dipilih oleh wisatawan. Salah satu jalur yang berbeda dengan yang lainnya yaitu melewati Ponorogo tepatnya di Desa Pagerukir Kecamatan Sampung. Sedangkan tiga jalur lain berada di Wonogiri yaitu pintu barat adalah Dusun Kepyar, pintu tengah adalah Dusun Sumber, dan pintu timur adalah Dusun Jatisari.

Fasilitas

Bukit Cumbri Wonogiri memang menjadi wisata baru yang hits karena panorama indah yang disuguhkan. Namun untuk fasilitas di Bukit Cumbri belum memadai. Fasilitas umum seperti area parkir terletak tepat pada area sebelum pendakian yaitu berada di halaman-halaman rumah warga sekitar. Tidak ada fasilitas apapun yang ada di puncak Bukit Cumbri Wonogiri.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Siung

Salah satu alasan kurangnya fasilitas yang ada yaitu letak Bukit Cumbri Wonogiri yang harus ditempuh dengan jalan kaki. Jalan setapak yang dilalui pun cukup sempit, terjal dan kanan kiri merupakan jurang yang begitu curam.

Bukit Cumbri Wonogiri menyuguhkan panorama alam yang memukau dan berbagai spot foto menarik untuk dicoba. Meskipun Anda harus berjalan terlebih dulu untuk sampai di puncak, tetapi perjuangan tidak akan sia-sia dengan suguhkan yang diberikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *