Bukit Pengilon

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon menyuguhkan keindahan pantai yang dapat dinikmati dari atas bukit. Memang wisata yang satu ini belum terjamah oleh manusia sehingga masih alami dan bersih. Bagi Anda yang sedang mencari tempat yang penuh ketenangan, sepi dan panorama indah, tempat wisata ini menjadi jawabannya.

Bukit Pengilon merupakan bukit dengan hamparan rumput yang luas tepat berada di garis pantai selatan. Wisatawan dapat merasakan angin sepoi yang sejuk meskipun ada terik matahari. Lokasi yang tepat di bawah kaki Gunung Purba Batur ini sering digunakan untuk aktivitas camping.

Mata akan dimanjakan dengan paduan hamparan hijaunya rumput di bukit, lautan biru yang luas dan bebatuan pantai. Ketika melihat ke arah barat, Anda akan disuguhkan dengan Keindahan Pantai Siung dan Pantai Banyu Nibo. Sedangkan ketika melihat ke arah timur akan dimanjakan dengan keindahan Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja 2 hari.

Daya Tarik Bukit Pengilon

1. Batu Menyerupai Cermin

Sesuai dengan nama destinasi wisata, Bukit Pengilon berasal dari bahasan jawa yang artinya Bukit Cermin. Karena di lokasi wisata terdapat batu yang menyerupai kaca cermin yang disebut pengilon. Oleh karena ini, nama lokasi wisata dinamakan Bukit Pengilon. Di tempat omo Anda dapat menyaksikan indahnya batu tersebut layaknya kaca cermin.

2. Keindahan dari Bukit Pengilon

Wisatawan yang ingin sampai di Bukit Pengilon memang harus berjalan kaki terlebih dulu. Namun hasilnya tidak sia-sia, karena wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam luar biasa. Perbukitan luas yang ditumbuhi rumput hijau layaknya padang rumput yang sangat luas.

Wisata yang berada di kaki Gunung Purba Batur menjadikan Bukit Pengilon memiliki angin khas laut selatan. Paduan nuansa alam dan laut sangat tergambar di wisata ini, sehingga banyak wisatawan yang dibuat terpesona.

3. Berswafoto dengan background yang Instagramable

Berswafoto di Bukit Pengilon tentu tidak boleh dilewatkan terutama bagi kaum milenial. Meskipun tidak ada spot foto buatan tetapi Bukit Pengilon memiliki berbagai spot foto yang alami. Anda dapat berswafoto di berbagai sudut Bukit Pengilon dengan background keindahan alam yang berbeda-beda.

4. Camping di Bukit Pengilon

Bukit Pengilon sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas camping. Memilih berkemah di tempat ini menjadi pilihan yang tepat dan tidak menyesal. Karena Bukit Pengilon berhasil menyuguhkan pemandangan malam yang indah. Apalagi ketika cuaca cerah, wisatawan akan merasakan tidur di tenda dengan taburan bintang dan semilir angin laut yang menemani.

5. Menyaksikan Keindahan Matahari Terbit

Bukit Pengilon diburu oleh wisatawan karena bukit ini mampu menyuguhkan keindahan sang mentari yang perlahan-lahan muncul dari tengah-tengah pantai. Nikmati suasana romantis di pagi hari pada kawasan wisata Bukit Pengilon. Tidak sia-sia Anda memilih berkemah dan keesokan harinya menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise.

6. Menyaksikan Keindahan Matahari Terbenam

Selain menjadi pilihan menarik untuk menyaksikan sunrise, destinasi wisata ini juga sering dipilih untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset. Suasana romantis sore menjelang petang tidak kalah indahnya dengan sang mentari yang perlahan-lahan muncul.

Bukit Pengilon

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Bukit Pengilon sebesar RP. 5.000 saja. Biaya lan yang harus dikeluarkan yaitu biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Area Parkir tidak berada di kawasan Bukit Pengilon, melainkan menjadi satu dengan area parkir di Pantai Watu Lumbung.

Anda harus berjalan menyusuri jalan setapak untuk sampai di Bukit Pengilon. Jalan setapak yang dilalui cukup terjal, sempit dan bagian kanan kiri adalah jurang. Sehingga Anda harus berhati-hati dan waspada ketika melewati jalan tersebut, meskipun pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Jika Anda lelah di tengah perjalanan, Anda dapat beristirahat di gubug-gubug para petani yang biasa digunakan untuk singgah ketika sedang beristirahat.

Alamat dan Rute Lokasi


Bukit Pengilon terletak di Dusun Tepus, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Letak Bukit Pengilon yang berada di timur mendekati perbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, menjadikan wisata ini jauh dari Pusat Kota Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar 73,7 km.

Rute yang dilewati yaitu melalui Jln. Wonosari menuju kota Wonosari, kemudian ambil ke arah selatan menuju Jln. Baron. Setelah itu luru hingga ada pertigaan Mulo Wonosari belok ke arah Timur dan lurus sampai di Pertigaan Indomaret Tepus. Belok ke arah kiri atau timur dan ikuti jalan ke arah selatan sampai di Pantai Watu Lumbung. Dari Pantai Lumbung ini Anda harus berjalan kaki untuk sampai di Bukit Pengilon. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini bersama rombongan, Anda bisa menggunakan jasa rental bus jogja murah.

Rute selanjutnya dari kota Yogyakarta yatu arahkan menuju ringroad Jln. Wonosari sampai di perempatan ketandan belok ke arah Sampaan sampai di pertigaan Piyungan. Kemudian arahkan melewati Bukit Bintang, Patuk, Sambipitu, Gading, Siono, sampai di Jalan Baron hingga ada pertigaan ke kanan menuju Pantai Siung. Ikuti arah menuju Pantai Siung dan nikmati tracking Pantai Banyu Nibo hingga sampai di Bukit Pengilon.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Bukit Pengilon memang begitu lengkap seperti wisata-wisata di daerah lain. Beberapa fasilitas seperti toilet, kamar mandi, mushola, maupun warung belum ada di Bukit Pengilon. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Pantai Watu Lumbung terlebih dulu sebelum pergi ke Bukit Pengilon.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Sepanjang

Bukit Pengilon merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Gunung Kidul. Jika Anda sedang berwisata di Gunung kidul tepatnya di daerah timur, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar di Bukit Pengilon. Nikmati suasana alam dengan pemandangan yang luar biasa di destinasi wisata ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *