Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Jogja Gunung Kidul

Bukit Teletubbies sebenarnya hanya sebuah bukit biasa yang mendapat julukan sebagai Teletubbies  hills. Sebelum mendapatkan julukan tersebut, nama asli dari bukit adalah gunung bagus.

Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, gunung bagus hanya berupa area perkebunan pohon jati. Kemudian semua pohon jati yang ada ditebangi dan dijadikan sebagai ladang jagung. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket city tour jogja 1 hari.

Sesudah menjadi ladang jagung, tidak langsung populer begitu saja. Kepopuleran dari gunung bagus setelah seorang selebgram menemukan gunung tersebut dan membagikan pesona dari gunung yang seperti Teletubbies  hills. Sejak saat itulah gunung bagus menjelma menjadi destinasi wisata sebuah tempat fiksi.

Daya Tarik Wisata Bukit Teletubbies

Ada berbagai macam pesona yang disuguhkan oleh gunung bagus. Pesona tersebut dianggap cukup sempurna untuk suatu destinasi wisata alam, inilah pesona dari gunung bagus :

1. Jajaran Teletubbies hills

Pesona yang utama dari destinasi wisata ini adalah jajaran bukit kecil yang merupakan kondisi alam dari gunung bagus itu sendiri. Dengan warna hijau yang mendominasi dari bukit membuat pesona sangat mirip dengan Teletubbies hills.

Walaupun deskripsi dari Teletubbies hills dengan gunung bagus sangat bertolak belakang. Dalam cerita fiksi anak, digambarkan dengan jelas kondisi bukit yang dipenuhi dengan rumput. Sementara untuk gunung bagus tidak diselimuti dengan rumput, melainkan ladang jauh,

Terlepas dari perbedaan tersebut, tidak berpengaruh apapun terhadap destinasi wisata gunung bagus. Sebab landscape dari jajaran bukit sangat sempurna. Untuk kemiripan dari Teletubbies  hills dan gunung bagus, hanya dapat di lihat dari gardu pandang.

2. Landscape matahari yang sempurna

Selain menyajikan pesona bukit yang cukup mirip dengan Teletubbies hills dari ketinggian, destinasi wisata ini juga menyediakan lanscape matahari yang tidak kalah eksotis. View tersebut hanya dapat disaksikan ketika cuaca cerah.

Dari daerah tersebut, pesona dari matahari menjadi cukup jelas. Ukuran dari matahari juga nampak lebih besar. Kondisi tersebut membuat pesona dari lanscape matahari menjadi sangat artistik. Hal tersebut juga sangat mirip dengan deskripsi matahari yang terdapat di dunia fiksi Teletubbies . Hanya saja pada dunia fiksi tersebut, matahari digambarkan dengan sosok bayi yang sangat lucu.

lokasi Bukit Teletubbies

 

Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies

Untuk dapat menikmati suasana alam bagaikan di dunia fiksi Teletubbies , hanya mengeluarkan kontribusi tiket masuk sebesar 5.000 IDR per orang. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk setiap hari, baik pada weekday maupun weekend.

Selain kontribusi tiket masuk wisata, pengunjung juga akan dikenakan tarif kontribusi parkir. Besarnya tarif parkir motor hanya 2.000 IDR dan mobil 5.000 IDR.

Waktu operasional dari destinasi wisata gunung bagus adalah setiap hari. Dimulai dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Waktu yang tepat menikmati pesona dari gunung bagus adalah sebuah setiap saat. Landscape yang disajikan sangat mirip dengan pesona dunia fiksi Teletubbies  yang merupakan serial anak populer di tahun 90an.

Alamat dan Rute Lokasi

Gunung Bagus terdapat di Giring, Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta. Area tersebut dapat ditempuh dari arah pusat kota Jogja dengan waktu sekitar ±1 jam.

Untuk rute arah jalan dari pusat kota Yogyakarta yang diambil adalah rute Jl Jogjakarta – Wonosari. Setelah sampai di pertigaan Piyungan, ambil arah kiri yang menuju ke jalan arah utara. Jalan tersebut adalah Jl Prambanan – Piyungan.

Telusuri sepanjang Jl Prambanan – Piyungan hingga menjumpai suatu papan yang menuju ke arah Jl Rumah Domes Teletubbies. Kemudian ikuti petunjuk jalan tersebut dan telusuri sebuah jalan yang menuju ke arah timur. Jamur itu akan membuat ke lokasi Teletubbies  hills. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunkan jasa sewa mobil matic di jogja lepas kunci atau dengan supir.

Lokasi dari gunung bagus yang tidak terletak di pusat kota Yogyakarta, membuat akses menuju ke destinasi tidak dapat ditempuh dengan alat transportasi umum BRT. Namun dapat memanfaatkan alat transportasi umum lainnya seperti ojek / taxi konvensional maupun online serta angkutan.

Untuk akses terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih leluasa, juga dapat mempercepat perjalanan. Sementara itu, untuk rute arah jalan dapat memanfaatkan rute tersebut ataupun dengan petunjuk Google map.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata gunung bagus cukup memadai. Meskipun fasilitas tersebut tidak kompleks dan terdapat kendala dengan jarak. Fasilitas yang tersedia meliputi tempat parkir yang cukup luas, toilet, spot foto, tempat ibadah hingga jajaran gazebo.

Dengan kondisi dari gunung bagus yang luas, membuat destinasi wisata tersebut harus menye sarana yang terletak di tepi. Sebab jika sarana / fasilitas yang tersedia tidak diletakkan di tepi, akan mengganggu pesona dari gunung bagus.

Selain itu, destinasi wisata Teletubbies  hills juga menyediakan karakter Teletubbies . Pengunjung yang hendak mengabadikan moment bersama dengan karakter tersebut, harus mengeluarkan biaya kontribusi. Kehadiran dari semua karakter Teletubbies  membuat suasana di daerah tersebut terkesan menyerupai dunia fiksi Teletubbies.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Selfie Park Jogja

Sedangkan untuk fasilitas lain berupa pesona alam yang cukup menakjubkan. Seperti hamparan perbukitan hijau yang cukup luas. Dari kejauhan hamparan pesona tersebut sangat menyerupai dengan suasana yang terdapat di dunia fiksi Teletubbies . Namun apabila disaksikan dari arah dekat, pesona dari hamparan tersebut berupa ladang jagung.

Selain suasana bukit yang sangat mirip dengan bukit Teletubbies , landscape dari matahari juga sangat mirip dengan deskripsi dari pesona matahari yang terdapat di dunia fiksi Teletubbies . Sehingga suasana yang disuguhkan layaknya berada di dunia fiksi yang menjadi nyata.

Dari semua kondisi landscape dari bukit Teletubbies  sangat eksotis dan artistik. Hal itu membuat suasana di daerah gunung bagus tidak seperti di dunia nyata. Tetapi dunia fiksi yang penuh dengan imajinatif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *