Embung Batara Sriten jogja

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten adalah objek wisata buatan yang terletak di atas bukit tertinggi Jogja. Pemandangan indah yang disuguhkan oleh Embung Batara Sriten berhasil memikat banyak wisatawan. Apalagi ketika pagi atau sore hari, embung akan terlihat begitu indah terasa seperti embung diatas awan.

Embung yang beranam Batara Sriten berasal dari singkatan nama bukit yaitu Pegunungan Bataragung Utara menjadi Batara. Sedangkan dinamakan srinten karena letak embung berada di padukuhan atau dusun srinten. Kontur wilayah di Srinten berupa batuan karst atau batuan kapur sehingga gersang dan tandus. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 1 hari dengan tarif terjangkau.

Kini wilayah tersebut disulap menjadi destinasi wisata yang cantik dengan pemandangan alam mempesona. Selain menjadi objek wisata, embung juga berguna sebagai sumber pengairan kebun-kebun di sekitarnya. Ada berbagai tanaman buah-buahan yang tumbuh di daerah tersebut yaitu manggis, jeruk, sirsak, durian dan kelengkeng.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata Embung Batara Sriten, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 per orang. Dengan biaya masuk tersebut, Anda sudah dapat menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh Embung Batara Sriten. Embung buka setiap hari mulai dari jam 05.00 hingga jam 06.00. Wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk satu motor dan Rp. 10.000 untuk satu mobil.

Alamat dan Rute Lokasi


Embung Batara Sriten terletak di dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul. Jalan menuju embung cukup ekstrim dan curam, sehingga pastikan terlebih dulu kendaraan yang dibawa dalam keadaaan bagus. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam saja dari pusat Kota Yogyakarta untuk sampai di lokasi wisata. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini anda bisa rental mobil matic di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Rute yang harus Anda lalui untuk sampai di lokasi yaitu arahkan kendaraan menuju Jl. Wonosari menuju Piyungan. Sampai di pertigaan sambipitu, belok ke kiri menuju arah Nglipar. Sebelum sampai di Pasar Nglipar belok ke kiri arah Ngawen kemudian tepatnya di pertigaan Kantor Kepala Desa Pilangrejo. Anda bisa liat ada jalan aspal dan cor lok tersebut hingga temukan petunjuk arah menuju Embung Batara Sriten.

Fasilitas

Embung Batara Sriten telah memberikan beberapa fasilitas pendukung agar para wisatawan merasa lebih nyaman berada di wisata. Fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi dan mushola dalam keadaan bersih dan terawat. Sehingga wisatawan dapat dengan nyaman menggunakan dan memanfaatkannya.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Ayunan Langit Watu Jaran

Ada juga beberapa gazebo yang tersebar di lokasi embung yang dapat digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Di sekitar kawasan terdapat beberapa warung makan yang siap memanjakan lidah Anda. Kini di kawasan embung juga terdapat berbagai spot foto menarik yang dapat Anda gunakan untuk berfoto atau berselfie.

Daya Tarik Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

1. Pemandangan Indah di Embung Batara Sriten

Di kawasan Embung Batara Sriten Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan eksotis awan senja. Perbukitan dengan lanskap dengan hijaunya berbagai tanaman disana menjadikan tempat wisata terlihat begitu romantis. Tidak heran jika tempat ini sering dikunjungi oleh mereka yang sedang di mabuk cinta.

Embung berada pada ketinggian 859 meter diatas permukaan laut ini menjadi telaha buatan tertinggi di Gunung Kidul. Kesejukan hawa di sore hari akan menyapa para wisatawan yang datang. Tidak heran jika embung sering didatangi wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Menyaksikan Keindahan Matahari Terbenam

Lokasi Embung Batara Sriten yang berada di ketinggian Gunung Kidul, menjadikan tempat wisata ini menarik untuk didatangi ketika sore hari. Ada momen yang tidak boleh Anda tinggalkan yatu menikmati indahnya mentari yang perlahan-lahan mulai tenggelam.

Dari ketinggian Embung Batara Sriten ini Anda dapat dengan bebas menyaksikan keindahan sunset tanpa terhalang oleh apapun. Dari perubahan warna hingga langit menjadi gelap dapat dengan jelas Anda lihat.

3. Duduk Santai di Gesebo yang tersebar di Embung Batara Sriten

Anda dapat duduk santai di gasebo yang tersebar di tepi Embung Batara Sriten. Duduk santai sambil menatap pemandangan indah yang disuguhkan oleh Embung akan membuat Anda begitu nyaman dan damai. Bagi Anda yang ingin merefresh diri, tempat ini dapat menjadi jawabannya. Suasana nyaman dan damai mampu membantu menghilangkan lelah di pundak Anda.

4. Bermalam di Kawasan Embung

Jika Anda belum puas seharian menikmati indahnya Embung Batara Sriten., Anda dapat bermalam di kawasan tersebut. Embung Batara Sriten menyediakan camping area yang dapat digunakan wisatawan untuk menikmati suasana malam di embung. Jika Anda tidak membawa peralatan camping, Anda dapat menyewanya di tempat wisata tersebut.

5. Berburu Foto yang Instagenic

Setiap sudut dari wisata Embung Batara Sriten yang indah berhasil memikat perhatian wisatawan. Tidak hanya keindahannya saja, tetapi tempat ini juga cantik untuk dijadikan sebagai background foto.

Anda dapat berburu foto yang instagenic di kawasan Embung Batara Sriten. Selan pemandangan indah dan sudut-sudut yang dapat digunakan untuk hunting foto, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai spot foto yang ada disana.

6. Menaklukkan Hammock dan Menguji Adrenalin

Di Embung Batara Sriten juga terdapat hammock yang dapat Anda naiki. Hammock dipasang pada pohon besar dimana Anda dapat menikmati Indahnya telaga dan landscape yang menyenangkan. Taklukkan Hammock dimana Anda tidak hanya menguji adrenalin saja tetapi juga dapat menikmati indahnya telaga.

Embung Batara Sriten merupakan destinasi wisata yang tergolong masih baru. Meskipun begitu, pengelolaan dari kawasan wisata terus dikembangkan. Sehingga wisatawan tidak akan kecewa ketika mendatangi tempat wisata di ketinggian Yogyakarta ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *