Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis memiliki pesona keindahan luar biasa yang sangat disayangkan jika tidak dikunjungi. Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata untuk mengisi liburan, tentu Goa Maria Tritis menjadi jawabannya. Goa tidak hanya sebagai tempat wisata saja, tetapi banyak juga peziarah yang datang ke tempat ini. Peziarah paling banyak datang pada bulan Mei dan Oktober.

Goa Maria Tritis yang merupakan goa alami ini hampir seperti Goa Maria Lawangsih yang terletak di Kulonprogo. Goa menjadi tempat ibadah dan ziarah umat Katolik sejak tahun 1974. Berdoa di goa yang satu ini memberikan kenyamanan dan kekhusyukan umat Katolik. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata ke jogja murah terlengkap.

Daya Tarik Goa Maria Tritis

1. Suasana Wisata yang Tenang dan Damai

Goa Maria Tritis menyuguhkan suasana yang tenang dan damai sehingga para peziarah akan merasa lebih tenang dan khusyuk ketika sedang berdoa disana. Lokasi goa berada tepat di antara bebatuan karst dan pohon jati serta jauh dari pemukiman warga. Oleh karena itu, Anda akan merasakan suasana yang begitu damai dan menenangkan. Jika ada suara, hanya suara kelelawar dan tetesan air yang turun melalui stalaktit saja.

2. Keunikan Stalaktit dan Stalagmit

Goa Maria Tritis yang merupakan goa karst, tentu memiliki stalaktit dan stalagmit unik yang ada di bagian langit-langit goa. Dari Stalaktit ini air menetes sehingga timbul suara yang begitu menenangkan. Konon nama “tritis” yang menjadi nama goa ini berasal dari tetesan air tersebut.

3. Goa yang Alami

Goa Maria Tritis merupakan goa yang alami atau terbentuk sendiri oleh alam. Jika ada campur tangan manusia, itu hanya pada bagian lantai dan ornamen-ornamen khas agama katolik saja.

Ornamen-ornamen tersebut meliputi patung Bunda Maria yang sedang berdoa dan Salib berukuran besar. Didepan patung Bunda Maria terdapat deretan kursi panjang yang dapat dimanfaatkan ketika sedang berdoa. Selain itu, altar dibuat dari batu alam dengan hiasan aneka bunga.

4. Berburu ornamen-ornamen Khas Keagamaan

Setelah lelah mengelilingi goa dan berdoa atau ziarah, jangan lewatkan untuk membeli berbagai pernak pernik atau ornamen-ornamen khas keagamaan disana. Ornamen tersebut seperti kalung Rosario, Salib dan sebagainya. Anda dapat membeli sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

5. Berfoto di kawasan wisata Goa Maria Tritis

Wisatawan dapat berfoto di kawasan Goa Maria Tritis. Keindahan goa yang terpancar dari pesona alami, membuat setiap sudut goa indah untuk dijadikan background foto. Sebelum beranjak pulang, jangan lewatkan untuk berfoto dan selfie di berbagai sudut goa yang indah.

6. Menikmati Pesona Keindahan Alam Goa Maria Tritis

Sebelum Anda sampai di Goa Maria, Anda harus berjalan menaiki beberapa anak tangga yang tinggi terlebih dahulu. Lelah Anda tentu tidak terasa karena perjalanan akan ditemani dengan pesona keindahan area wisata. Goa yang benar-benar alami mampu membuat anda begitu tenang dan damai. Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan goa ini sebagai tempat menenangkan diri.

Daya Tarik Goa Maria Tritis

Goa Maria Tritis merupakan goa yang sering digunakan untuk berdoa dan berziarah umat katolik. Jika Anda ingin beribadah dengan suasana yang begitu tenang, goa ini dapat menjadi pilihannya. Wisatawan agama lain pun tidak harus berdoa disana, hanya sekedar menikmati pesona keindahan alamnya saja.

Lihat tempat wisata lainnya: Pantai Jungwok

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Goa Maria Tritis, wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Di area goa juga terdapat beberapa kotak amal dimana Anda daapt memasukkan amal sukarela. Selain tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000.

Alamat dan Rute Lokasi

Goa Maria Tritis berada di dekat jalur jalan lintas selatan dan jalur wisata pantai baron. Tepatnya berada di Jln. Saptosari, Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunung Kidul. Dari kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 menit yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jika Anda ingin ke tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil di jogja murah lepas kunci atau dengan sopir.

Rute pertama dari Yogyakarta mengambil arah menuju Jln. Wonosari lurus ke arah  Piyungan hingga sampai di Bukit Bintang. Kemudian melewati Patuk, Sambipitu hingga melewati Gading ambil arah ke kanan menuju Pasar paliyen lurus hingga Pasar Trowono masuk JJLS sampai di Singkil. Nah, di kiri jalan Anda akan menemukan pintu masuk Goa Maria Tritis.

Rute kedua hampir sama seperti rute pertama hanya sampai di di Playen Anda akan menemukan Tugu Selamat datang Wonosari lurus hingga melalui kota. Kemudian sampai di Pemda Gunung Kidul lurus hingga pertigaan belok kanan menuju Jln. Baron. Anda akan melewati Karang rejek, mulo, kemadang hingga ada pertigaan menuju Goa Maria Tritis. Nah, dari pertigaan ini anda harus menempuh sekitar 2 km untuk sampai di lokasi.

Fasilitas

Pengelolaan wisata Goa Maria Tritis sudah bagus, sehingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan juga cukup memadai. Fasilitas umum di Goa Maria Tritis yaitu kamar mandi dan toilet yang jumlahnya lumayan banyak sehingga wisatawan yang akan menggunakan tidak perlu antri. Wisata juga memiliki area parkir kendaraan yang luas dimana wisatawan dapat memarkir kendaraan dengan tetap aman.

Selain itu, di Goa Maria Tritis juga terdapat mushola yang dapat digunakan umat muslim untuk beribadah. Ada juga tempat istirahat yang mana digunakan untuk beristirahat sejenak setelah berkeliling goa maupun duduk-duduk santai.

Area wisata Goa Maria Tritis terdapat beberapa warung makan dan penginapan. Berkeliling di area goa tentu membuat lelah dan kelaparan bukan? Nah, Anda dapat menikmati berbagai menu makanan yang disajikan. Jika Anda belum puas seharian berada di wisata ini, Anda dapat bermalam di beberapa penginapan yang sudah disediakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *