Goa Selarong

Goa Selarong

Goa Selarong merupakan destinasi wisata yang ada di Yogyakarta dimana keberadaan goa ini selalu dikaitkan dengan hal mistis dan tempat bersejarah. Goa yang ada di perbukitan kapur Bantul memang dulunya menjadi markas Pangeran Diponegoro ketika melawan penjajah dahulu. Markas digunakan setelah kediamannya diserang dan dibakar oleh musuh.

Goa Selarong yang menjadi tempat berkaitan dengan Pangeran Diponegoro, maka tidak heran jika ada beberapa patung beliau di sini. Patung-patung yang ada di Goa seolah menampilkan sang pahlawan nasional yang sedang menunggang kuda dengan jubah hitamnya. Selain itu, patung juga sebagai simbol keberanian dan perjuangannya dalam melawan Belanda. Tempat wisata ini juga telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 2 hari dengan tarif terjangkau.

Markas memang selalu identik dengan area yang luas. Tetapi berbeda dengan Goa Selarong yang lebarnya hanya 3 meter dengan panjang sekitar 3 meter serta tinggi tidak mencapai 2 meter. Goa terdiri dari dua buah lubang dimana lubang tersebut digunakan untuk tempat persembunyian Pangeran Diponegoro ketika dikejar oleh penjajah Belanda.

Daya Tarik Goa Selarong

1. Menyaksikan Keindahan Goa Selarong

Tujuan para wisatawan mendatangi tempat wisata yang satu ini tidak lain karena pesona keindahan alam yang berhasil menyita banyak perhatian. Memasuki wilayah wisata Goa Selarong akan disuguhkan dengan patung pangeran Diponegoro yang menaiki kuda dan peta wisata Goa Selarong.

Setelah itu wisatawan harus berjalan sejauh 200 m dan menaiki anak tangga yang cukup tinggi. Perjalanan tentu tidak membosankan karena Anda akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan dan bukit kapur. Setelah sampai di lokasi Anda akan semakin dimanjakan dengan keindahan goa seisinya.

2. Menikmati Gemericik Air Terjun Goa Selarong

Selain lokasi wisata berupa goa, di dekat destinasi wisata ini terdapat air terjun yang dapat dikunjungi wisatawan. Air terjun menyuguhkan keindahan luar biasa yang tidak boleh dilewatkan, apalagi air deras yang mengalir menjadikan suasana lokasi semakin segar.

Gemericik air yang mengalir begitu menangkan hingga lelah di pundak terasa hilang seketika. Namun ketika musim kemarau datang, debit air terjun tidak sederas biasanya. Meskipun begitu, air terjun tetap menarik untuk dikunjungi.

3. Menikmati Hidangan di Area Goa Selarong

Dapat dikatakan pengelolaan dari wisata Goa Selarong cukup baik dimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan untuk wisatawan semakin lengkap dan memadai. Salah satu pelayanan yang diberikan yaitu adanya beberapa warung makan berjejeran di kawasan tersebut.

Setelah lelah berjalan menyusuri anak tangga atau menikmati gemericik air terjun, tidak ada salahnya Anda mencicipi berbagai macam hidangan makanan yang disajikan disana. Anda tidak hanya sekedar berwisata menikmati keindahan alamnya saja, tetapi sekaligus berwisata kuliner.

4. Berburu Souvenir di Goa Selarong

Goa Selarong menyediakan area souvenir dimana wisatawan dapat memilih dan membeli aneka souvenir yang dijual. Adanya pusat perbelanjaan souvenir ini memudahkan Anda untuk membeli cindera mata. Rasanya ada yang kurang jika Anda sedang berlibur namun tidak membeli oleh-oleh apapun.

Goa Selarong merupakan tempat wisata yang sangat erat dengan sejarah Pangeran Diponegoro. Tidak hanya keindahan goa dan alam sekitar saja yang disuguhkan, melainkan ada air terjun yang juga akan menghipnotis Anda. Perjalanan wisata akan semakin seru ketika Anda mengunjunginya bersama teman-teman atau orang tersayang.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Goa Selarong yaitu Rp. 6.000 saja. Harga tiket berlaku setiap hari yaitu dari hari Senin hingga Minggu dengan jam buka dari 08.00 hingga 17.00 WIB. Dengan harga tersebut Anda dapat melihat isi dari goa yang merupakan markas Pangeran Diponegoro zaman dahulu.

Selain biaya masuk, Anda juga akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan yang dibawa. Kendaraan roda dua atau motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk parkir bus sebesar Rp. 10.000.

Alamat dan Rute Lokasi


Goa Selarong terletak di Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan , Bantul. Untuk sampai di lokasi wisata, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi saja, karena kendaraan umum tidak ada yang mencapai lokasi. Jarak goa dengan kota Yogyakarta hanya sekitar 30 kilometer dengan waktu 45 menit saja. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di jogja lepas kunci atau dengan driver jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Jika Anda dari titik 0 km menuju Goa Selarong, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 32 menit dengan jarak tempuh sekitar 12,7 km. Dari titik 0 km arahkan kendaran ke timur melewati Jln Panembahan Senopati kemudian ada perempatan ke Selatan melewati Brigjend Katamso. Lurus terus hingga ada perempatan belok ke  barat menuju Jln. Mayjend Sutoyo lurus ke arah selatan menuju Jln. Panjaitan.

Nah, dari Jln  Panjaitan Anda akan emnemukan perempatan dan arahkan kendaraan ke barat melewati Jln. Suryodiningratan lurus hingga melewati Jln. Bantul. Kemudian belok ke arah barat melewati Jln. Selarong hingga sampai di Jln. Goa Selarong. Anda sudah samapi di Wisata Goa Selarong

Fasilitas

Meskipun Goa Selarong tidak dapat dijangkau dengan kendaraan umum, tetapi destinasi wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Objek wisata menyediakan fasilitas umum seperti toilet dan  area parkir. Pengunjung yang datang sendiri maupun bersama rombongan dengan jumlah yang banyak tetap bisa memarkir kendaraannya ketika berwisata di Goa Selarong.

Lihat tempat wisata menarik lainnya: Goa Maria Tritis

Di Goa Selarong juga terdapat mushola yang dapat digunakan kaum muslim untuk melaksanakan ibadah salat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan meninggalkan salat ketika sedang berlibur.

Goa Selarong juga memiliki  taman bermain yang tepatnya ada di kaki bukit. Taman bermain ini menjadi salah satu taman tujuan bagi Anda yang datang bersama sang buah hati. Tidak hanya itu, Goa Selarong juga menyediakan tempat belanja souvenir untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *