Jembatan Soka

Jembatan Soka

Jembatan Soka yang ada di Bantul ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga bukan? Meski menurut sebagian orang destinasi wisata ini biasa-biasa saja, tetapi justru Jembatan Soka memiliki daya tarik tersendiri. Wisata Jembatan Soka memang wisata baru yang awalnya hanya jembatan biasa yang menghubungkan Desa Seloharjo dan Desa Srihardono, kemudian dijadikan sebagai tempat selfie.

Desain jembatan sekilas mirip dengan Jembatan Suramadu hanya pada panjang dan bahan pembuatannya saja yang berbeda. Meskipun jembatan yang melintasi sungai Opak ini terbuat dari kayu, tetapi jembatan tetap kuat dan memiliki daya tarik. Nikmati keindahan jembatan dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Jembatan Soka dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki spot foto terbaik yang instagramable. Nah, bagi Anda yang aktif di sosial media bahkan menjadi artis instagram, tentu tidak boleh melewatkan Jembatan Soka ini. Pemandangan indah di sekeliling jembatan sangat bagus yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Jembatan Soka yang berada di tempat terbuka yaitu sebesar Rp. 0 alias gratis dengan jam operasional 24 jam. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir saja dengan biaya seikhlasnya. Jembatan tidak terlalu lebar hanya sekitar 2 meter saja dan hanya cukup dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Alamat dan Rute Lokasi

Jembatan Soka terletak di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. Jika Anda dari Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju ke Kabupaten Bantul. Lurus terus ke arah selatan menuju Kecamatan Pundong. Jarak Jembatan soka dengan kecamatan Pundong hanya beberapa meter saja. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata, anda bisa sewa mobil matic jogja tanpa atau dengan sopir.

Atau untuk sampai di lokasi Jembatan Soka, Wisatawan juga dapat memilih jalur utama menuju ke Jln. Raya Parangtritis. Ikuti petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Parangtritis. Kemudian Anda akan menemukan petunjuk ke arah Pundong dan beberol ke timur menuju Jembatan Pundong atau Jembatan Soka. Jarak jalan parangtritis dengan jembatan sekitar 1 kilometer saja. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja murah terlengkap.

Fasilitas

Karena wisata ini hanya jembatan dan merupakan lalu lintas penghubung antar kedua desa, maka fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi maupun area parkir belum ada. Agar kendaraan Anda tidak mengganggu lalu lintas sekitar, kendaraan dapat dititipkan atau diparkir di rumah penduduk setempat.

Jika Anda mencari mushola untuk beribadah, wisatawan dapat mendatangi mushola atau masjid terdekat yang ada di sekitar lokasi wisata. Tetapi jika Anda kelaparan, Anda dapat menikmati berbagai menu makanan yang dijual di warung-warung di sekitar Jembatan Soka. Fasilitas yang ada di Jembatan Soka yaitu warung-warung makan di sekitar lokasi.

Daya Tarik Jembatan Soka

1. Berburu Foto di Kawasan Jembatan Soka

Jembatan berada diatas aliran sungai yang membuat Jembatan Soka nampak begitu indah. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya wisatawan datang ketika cuaca cerah sehingga aliran air tidak begitu deras. Sehingga aman untuk berfoto-foto dan latar belakangnya pun cukup memukau. Pengambilan gambar yang tepat yaitu ketika siang dan sore hari.

Jembatan dengan latar belakang pegunungan membuat wisatawan buru-buru ingin mengabadikannya. Pemandangan hijau alami yang menyegarkan menjadikan jembatan memiliki pesona sendiri dan menjadi spot foto yang menarik. Tidak heran jika orang silih berganti mengantri foto di tempat tersebut. Banyak fotografer juga yang tertarik untuk mengambil gambar di kawasan ini entah dari dekat maupun jauh.

2. Sebagai Tempat Prewedding

Pesona yang berhasil dipancarkan oleh Jembatan Soka menjadikan kawasan wisata ini sering dipilih untuk dijadikan pengambilan foto prewedding. Hal tersebut karena latar belakang jembatan yang alami dan begitu indah membuat banyak orang tertarik untuk mengabadikan momen berharganya disana.

3. Menikmati Keindahan Matahari Terbenam di Jembatan

Daya tarik yang lain dari Jembatan Soka yaitu menyuguhkan keindahan sang mentari yang perlahan-lahan tenggelam. Nikmati suasana romantis dengan pemandangan indah sunset yang memukau. Jika biasanya Anda menikmati indahnya sunset dari pantai atau perbukitan, kini Anda dapat menikmatinya di jembatan yang akan memanjakan mata Anda.

4. Suasana Sejuk dan Menyegarkan

Tidak hanya pemandangan indah saja yang ditawarkan, Jembatan Soka juga menyuguhkan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Udara yang ada disana cukup segar yang sangat tepat digunakan untuk menyegarkan pikiran. Banyak wisatawan yang memang sengaja datang ke tempat wisata ini untuk merefresh pikiran dan menghilangkan beban serta lelah akibat rutinitas sehari-hari.

5. Pagi Hari yang Terkesan Mistis

Jembatan Soka memang indah ketika siang dan sore hari untuk pengambilan gambar memang. Tetapi tidak ada salahnya juga datang ke tempat ini ketika pagi hari. Area Jembatan Soka akan tertutupi oleh kabut ketika pagi hari. Sehingga akan memberikan suasana mistis yang mungkin akan menarik perhatian wisatawan.

6. Menyantap Hidangan Lezat di Kawasan Jembatan Soka

Meskipun fasilitas umum belum ada di kawasan wisata, tetapi di area Jembatan Soka ini banyak warung-warung yang menjual berbagai menu makanan. Sehingga ketika seharian berada di Jembatan Soka, Anda tidak akan kelaparan. Nikmati suasana sejuk di kawasan wisata sambil menyantap berbagai menu makanan yang disajikan disana. Tentu Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Lihat juga tempat wisata jogja lainnya: Gardu Pandang Mangol Kencana

Jembatan Soka merupakan wisata baru yang ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto. Jembatan yang menghubungkan Desa Selorejo dengan Desa Srihardono ini memiliki pesona indah yang dapat menjadi pilihan wisata murah Anda. Meskipun murah atau bahkan tidak dikenakan biaya masuk, tetapi pemandangan yang disuguhkan begitu indah dan sayang untuk dilewatkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *