Kalibiru Kulonprogo

Kalibiru Kulonprogo

Desa wisata Kalibiru Kulonprogo sempat hitz dengan ciri khas spot foto yang kekinian. Bahkan semua spot yang ada menjadi inspirasi dengan munculnya berbagai macam tempat wisata yang menyediakan sarana spot foto yang serupa.

Untuk spot foto yang tersedia di Desa wisata Kalibiru mempunyai ciri khas tersendiri. Yaitu terletak di atas ketinggian dengan view jurang tepat di bawah tebing. Dengan letak tersebut, Kalibiru menyediakan sensasi serasa berada di ujung dunia. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja murah terlengkap.

Lalu ada beberapa macam faktor yang membuat destinasi wisata tersebut populer. Salah satunya dengan akses lokasi yang sangat dekat dengan waduk sermo hingga menyediakan paket retribusi langsung menuju ke waduk tersebut. Waduk sermo sendiri adalah destinasi wisata alam yang telah lama populer sebelum adanya desa wisata Kalibiru.

Daya Tarik Wisata Kalibiru Kulonprogo

Daya tarik dari destinasi wisata ini terletak pada sarana outbond dan spot foto yang ada. Inilah daftar dari wahana outbond dan spot foto favorit di Desa wisata Kalibiru :

1. Sky bike

Wahana yang satu ini cukup menantang dan dapat menghasilkan suatu pengalaman yang sangat mengesankan. Pengunjung pun dapat merasakan sensasi bersepeda di langit.

Wahana outbond ini tidak mengharuskan pengunjung dapat naik bersepeda dengan lancar. Sebab sepeda yang ada telah dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang sangat memadai. Sepedanya pun akan berjalan dengan sendirinya sesuai dengan arahan guide.

2. Flying kano

Spot foto flying kano adalah spot terbaru yang ada di destinasi wisata ini. Spot foto ini hanya berupa kapal yang diletakkan menjorok ke arah tepi bukit.

Dengan spot ini, pengunjung serasa berlayar di langit. Walaupun pada dasarnya kapal tidak bergerak sama sekali. Namun landscape seolah tanpa dasar, menjadi background seolah melayang,

3. Spot flower / bunga / spot 2

Spot ini berupa gardu pandang yang mempunyai bentuk unik. Tempat ini juga pada dasarnya tergolong ke dalam rumah pohon.

Hal yang menarik dari spot ini terletak pada dasar gardu pandang. Bagian tersebut berbentuk bunga dengan berbagai macam warna dan karakter bunga.

Lokasi Kalibiru Kulonprogo

Harga Tiket Masuk

Tarif kontribusi tiket masuk desa wisata Kalibiru pada weekday sebesar 5.000 IDR per orang. Besarnya tiket masuk pada weekend, yaitu 10.000 IDR per orang.

Sementara itu untuk tarif kontribusi parkir sepeda motor hanya sebesar 2.000 IDR. Untuk tarif parkir mobil yaitu 5.000 IDR. Lalu untuk tarif parkir bus elf sebesar 10.000 IDR. Sedangkan untuk tarif tiket parkir bus besar adalah 15.000 IDR.

Alamat Dan Rute Lokasi


Desa wisata Kalibiru terletak di Ds Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Jogjakarta. Jarak antara destinasi wisata dengan pusat Kota Yogyakarta mencapai ±40 km. Dengan jarak tersebut, dapat ditempuh selama ±2 jam perjalanan.

Untuk rute lokasi menuju ke Kalibiru Kulonprogo, ada 3 macam. Rute tersebut meliputi rute Malioboro, rute clereng dan rute waduk sermo.

Rute pertama adalah rute Malioboro / rute dari pusat kota Yogyakarta. Untuk jalur ini dengan menyelusuri sepanjang jalur Jogja Purworejo. Setelah sampai di terminal Wates, akan menemukan petunjuk arah yang menuju ke waduk Sermo.

Ikuti saja petunjuk arah waduk sermo tersebut. Sebelum waduk sermo akan dijumpai petunjuk jalan yang menuju ke waduk Sermo, akan dijumpai petunjuk arah jalan yang menuju ke desa wisata Kalibiru. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil lepas kunci di jogja jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Rute yang kedua adalah rute Clereng. Rute ini juga hampir sama dengan rute pertama yang melalui pusat kota Yogyakarta. Hanya saja rute clereng tidak melalui arah jalur Jogja – Purworejo.

Pertama ambil arah yang menuju ke Sentolo, lalu dilanjutkan dengan jalan yang menuju ke Pengasih. Ketika berada di Pengasih, ambil jalan yang menuju ke clereng. Dari sepanjang arah clereng, akan dijumpai petunjuk arah jalan menuju ke desa wisata Kalibiru. Ikuti saja petunjuk arah tersebut hingga ke lokasi.

Rute yang terakhir adalah rute Sermo. Khusus untuk rute ini hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang tinggalnya tidak jauh dari area Kalibiru.

Rute ini dapat dimulai dari arah alun – alun Pengasih. Lalu ambil arah yang menuju ke RSUD Wates. Kemudian ikuti arah yang menuju ke Beji dan waduk sermo. Setelah melewati waduk sermo, ambil arah lurus hingga menuju ke destinasi.

Fasilitas

Sebagai destinasi wisata favorit, fasilitas yang tersedia di Desa wisata Kalibiru sangat kompleks. Mulai dari masjid, food court, toilet, tempat parkir hingga berbagai macam jenis outbond dan spot foto. Semua wahana yang ada adalah berbayar. Tarif kontribusinya dibandrol mulai dari 10.000 IDR.

Hampir sebagian besar wahana terletak di ketinggian. Jadi dapat menyaksikan secara langsung pesona hamparan hutan yang berada tepat di bawah tebing. Ada pula suatu wahana yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk observasi waduk sermo.

Pengunjung pun juga akan sering menjumpai berbagai macam spesies hewan liar yang berkeliaran. Keberadaan dari semua satwa yang muncul tidak akan mengganggu pengunjung selama tracking ke lokasi spot yang ada. Jenis satwa liar yang terdapat di area Kalibiru meliputi elang, babi hutan, landak, burung, serangga hingga harimau.

Lihat juga tempat wisata lainnya: Puncak Becici

Ketika mengunjungi destinasi wisata ini, tidak perlu khawatir jika lupa waktu. Semua spot yang ada memang sangat menyenangkan dengan suasana alam yang sangat asri, membuat pengunjung merasa betah di destinasi wisata tersebut.

Desa wisata Kalibiru telah menyediakan suatu homestay yang dapat digunakan pengunjung untuk bermalam. Hal itu sangat bermanfaat bagi yang merasa lelah setelah beraktivitas ataupun tidak sadar jika waktu telah senja.

Semua sarana outbond dan spot foto di Desa wisata Kalibiru Kulonprogo yang ada hanya merupakan fasilitas sementara. Setiap tahun mungkin akan terdapat spot foto dan wahana outbond terbaru yang lebih menarik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *