Museum Dirgantara TNI AU

Museum Dirgantara TNI AU

Museum Dirgantara Mandala merupakan salah satu saksi sejarah tentang perjuangan TNI AU dalam memperjuangkan AURI. Museum ini menyimpan beberapa prototype yang digunakan pada saat perang perjuangan kemerdekaan. Dengan berbagai koleksi pesawatnya, museum ini sangat cocok untuk menambah ilmu pengetahuan bagi setiap pengunjungnya.

Sebelum berada di kompleks Bandara Adi Sucipto, sebelumnya museum ii berada di kota Jakarta. Salah satu alasan pemindahan museum ini adalah karena Jogja dianggap sebagai tempat lahirnya TNI angkatan udara di Indonesia. Di museum ni anda bisa menyaksikan secara langsung berbagai koleksi dari kedirgantaraan dan aviasi militer yang dimiliki oleh TNI AU. Tempat wisata jogja ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja terlengkap.

Jika berkunjung ke museum ini bersama dengan rombongan, anda akan ditemani oleh pemandu yang memberikan berbagai penjelasan detail tentang berbagai koleksi museum tersebut. Selain itu anda akan ditemani menyusuri tiap-tiap bagian dan ruangan yang dimiliki oleh museum Dirgantara mulai dari ruang utama hingga diorama.

Daya Tarik Museum Dirgantara

1. Menerbangkan Pesawat

Berkunjung ke suatu museum, pastinya akan memberikan tambahan ilmu pengetahuan tersendiri bagi setiap wisatawan. Hanya saja, museum Dirgantara akan memberikan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh setiap pengunjung. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, jangan lewatkan untuk mencoba menerbangkan pesawat dengan mesin simulator. Mesin tersebut dirakit dari pesawat Mustang P-51.

2. Spot-spot Foto Menarik

Bagi anda yang gemar mengabadikan momen dengan berfoto, anda bisa menyewa kostum penerbang kemudian berfoto di dalam kokpit pesawat. Untuk menyewa kostum tersebut, anda hanya mengeluarkan biaya sewa sebesar Rp 25.000 saja. Untuk spot foto yang tidak membutuhkan biaya anda bisa berfoto dengan pesawat tipe fighter. Selain berbagai koleksi pesawat terbang, terdapat pula beberapa helikopter yang sangat bersejarah bagi TNI AU Indonesia.

Selain kedua hal tersebut, di tempat ini anda bisa menyusuri ruang utama museum yang berisi tentang pajangan foto-foto petinggi angkatan udara dari masa ke masa. Anda juga dapat menikmati dan menggali ilmu dari penyimpanan dokumen-dokumen ketika masa proklamasi serta sejarah TNI angkatan Udara kebanggan kita. Di ruang Alutsista anda bisa melihat berbagai peralatan tempur yang digunakan saat melawan penjajah yang saat itu masuk ke negara kita.

Lihat juga: Kampung Edukasi Watu Lumbung

Berkunjung ke museum Dirgantara dan museum-museum lain di Indonesia, pastinya akan menambah ilmu pengetahuan kita. Namun sayangnya, berkunjung ke museum saat ini bukan lagi banyak digemari karena terkesan membosankan dan jauh menyenangkan pergi ke taman bermain. Namun jangan salah sangka, karena saat ini terdapat berbagai museum yang disajikan dengan tema dan desain yang menarik sehingga terkesan lebih modern.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *