Pantai Drini Jogja

Pantai Drini

Pantai Drini merupakan destinasi wisata yang cukup istimewa. Bagaimana tidak, pesona pulau kecil dari batu karang yang ditumbuhi pohon-pohon menjadi pemandangan yang sangat eksotis di tengah laut. Kedudukan batu karang tersebut membagi pantai menjadi dua karakter gelombang berbeda yaitu yang terletak di sebelah Barat dan Timur. Pada saat air laut surut, pulau karang tersebut menjadi objek dari para wisatawan yang ingin mendaki ke puncaknya.

Masyarakat sekitar menamakan pantai berpulau karang dengan nama ‘Drini’ bukanlah tanpa alasan. Berdasarkan cerita yang turun temurun, pantai pesisir Selatan ini dulunya banyak ditumbuhi oleh tanaman Drini. Tumbuhan ini memiliki karakteristik semacam pohon bonsai dengan nama lain Santigi atau Stigi. Namun, saat ini tumbuhan jenis perdu yang sering tumbuh di pesisir berkarang ini sudah jarang ditemukan. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 3 hari.

Kondisi pantai yang memiliki ombak cukup aktif ini menjadi ladang rejeki bagi para nelayan. Sebagian masyarakat pesisir memang berprofesi sebagai nelayan. Saat berkunjung ke destinasi ini, akan terlihat aktivitas nelayan yang pulang pergi mencari ikan di laut. Pemandangan perahu-perahu nelayan di atas gelombang laut terlihat begitu memukau dari jauh.

Daya Tarik Wisata Pantai Drini

Daya tarik wisata yang disuguhkan oleh pantai ini antara lain:

1. Berenang sembari menikmati biota laut

Berenang menjadi daya tarik utama pantai yang berpasir putih nan lembut ini. Airnya sangat jernih, dingin, dan belum tercemar limbah sampah. Pantas jika destinasi ini dijuluki sebagai Pantai Perawan oleh masyarakat sekitar.

Aktivitas lain yang sering dilakukan adalah bermain snorkeling. Pantai di sisi Timur bukit karang seringkali menjadi objek untuk menjelajahi laguna yang indah. Ombaknya sangat tenang dengan kedalaman hanya satu setengah meter saja. Wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang serta berbagai macam biota laut di dalamnya.

2. Keindahan bukit karang

Bukit karang yang menyerupai pulau kecil di tengah pantai ini seolah menjadi pemisah antara dua kehidupan yang berbeda. Pada bagian sisi Barat bukit karang digunakan untuk aktivitas para nelayan yang melaut. Pengunjung akan menjumpai penampakan dermaga dan perahu nelayan yang berlayar. Sedangkan sisi Timur bukit menjadi area destinasi wisatawan untuk menikmati laut yang tenang untuk berenang.

Bukit karang yang hijau tinggi menjulang tinggi tersebut dapat dijangkau dengan mudah dari tepi pantai manakala air laut surut. Telah disediakan tangga beton untuk memudahkan wisatawan sampai ke puncak. Tidak cukup sampai di sini, puncak bukit juga dilengkapi mercusuar agar pengunjung memiliki jarak pandang lebih luas untuk menikmati pesona pantai.

3. Wahana bermain Kano

Wahana Kano menjadi salah satu daya tarik yang cukup besar di pantai ini. Permainan dengan perahu kecil dan sempit ini ditarif sesuai dengan jenis ukurannya. Jika ukurannya kecil berkapasitas 2-3 orang tarifnya Rp 50 ribu. Sedangkan untuk ukuran lebih besar tarif sewanya Rp 100 ribu dengan kapasitas mencapai 4 orang.

Permainan ini memiliki tingkat savety cukup tinggi. Wisatawan dilengkapi dengan aksesoris pelampung. Batas wilayah perairan yang aman untuk bermain kano telah dipasangi jaring sehingga perahu tidak akan masuk ke arus yang dalam.

Pantai Drini

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke kawasan pantai ini sangat murah meriah. Hanya dengan Rp 10 ribu saja, pengunjung sudah bisa menikmati layanan plus-plus. Selain tiket ke Drini, harga tersebut juga menjadi tiket menuju pantai lain yang berdekatan dengannya. Beberapa diantaranya adalah Pantai Baron dan Sepanjang.

Pantai Drini memiliki area parkir yang cukup untuk menampung puluhan kendaraan bermotor. Tarif parkir untuk roda dua dipatok Rp 2 ribu. Sedangkan roda empat seperti mobil ditarif sebesar Rp 5 ribu. Untuk kendaraan yang lebih besar seperti bus tarifnya sekitar Rp 20 ribu.

Alamat Dan Rute Lokasi


Alamat dari objek wisata yang juga dijuluki ‘Pantai Perawan’ ini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Posisi pantai persis di sebelah Timur dari Pantai Baron. Jika berjalan kurang lebih 1 KM ke arah Timur, maka akan dijumpai Pantai Sepanjang.

Jarak dari pusat kota Jogja cukup jauh yaitu sekitar 60 KM. Perjalanan yang ditempuh menggunakan kendaraan bermotor bisa memakan waktu 2-3 jam lamanya. Askes menuju daerah Gunung Kidul terbilang mulus meskipun jalurnya cukup terjal dan berkelok-kelok khas rute pegunungan. Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil matic murah di jogja jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Rute dari pusat kota Jogja dimulai dari arah Wonosari. Sesampainya di daerah Wonosari, ambillah jalan menuju ke Desa Mulo. Dari pertigaan Desa Mulo, segera arahkan kendaraan Anda menuju lokasi Pantai Baron. Dalam jarak 1 KM menuju titik Pantai Baron, terdapat pertigaan yang berpenunjuk arah ke Drini.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di area pantai terbilang sangat memadai. Terdapat toilet umum, area parkir, dan mushola yang nyaman. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat beberapa penginapan di sekitar area pantai. Pilihlah sesuai dengan kondisi kantong Anda karena harganya sangat bervariatif.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Sundak

Bagi pengunjung yang ingin mengisi perut, di sini banyak warung-warung makan yang menyediakan menu yang lezat. Mayoritas wisatawan akan memadati penjual seafood seperti udang, lobster, kepiting, maupun jenis ikan lainnya. Olahan seafood ini dijamin yummy karena kondisinya fresh langsung dari nelayan.

Pantai Drini layak menjadi rekomendasi liburan karena airnya cukup tenang. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai di alam sekitar saja. Cantiknya biota laut juga dapat dinikmati saat berkunjung ke pantai ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *