Pantai Krakal

Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang cukup terkenal. Pantai yang terletak di ujung selatan Yogyakarta tersebut adalah destinasi wisata yang cukup menarik perhatian wisatawan. Tempat ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas dari ujung ke ujung. Dengan bibir pantai yang dihiasi dengan bebatuan karang yang cukup besar, di mana tempat ikan-ikan kecil berenang bebas.

Ditambah dengan garis pantai yang cukup landai dan juga ombak yang tidak terlalu besar, membuat wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan tenang. Hal menarik dari pantai ini adalah banyak orang yang menyebutkan jika pantai ini dahulunya berada di dasar laut.

Di pantai tersebut terdapat dua buah batu karang berwarna hitam yang cukup tinggi, yang mana merupakan sebuah pembatas dengan pantai di sebelahnya. Permukaan dari kedua batu karang tersebut ternyata cukup subur, sehingga banyak tanaman pantai yang tumbuh di sana. Dari kedua karang yang berdiri kokoh tersebut, wisatawan dapat bersantai di gazebo yang telah disediakan. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja 4 hari.

Daya Tarik Di Pantai Krakal

Pantai Krakal ini cukup menjadi favorit di kalangan wisatawan, sebab pantai ini menawarkan berbagai keindahan alami dan juga fasilitas yang memadai. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan wisatawan, seperti:

1. Hamparan Pasir putih

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang membentang luas. Sehingga dapat digunakan sebagai tempat berjemur yang nyaman. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain bola pantai seperti sepak bola ataupun voli bersama teman-teman. Selain bermain bola, wisatawan juga bisa membangun istana pasir yang megah untuk menyegarkan pikiran.

Di hamparan pasir putih tersebut, selain bisa bermain permainan yang telah disebutkan tadi, wisatawan juga bisa menerbangkan layang-layang. Anginnya yang cukup mendukung dapat membuat layang-layang terbang tinggi.

2. Snorkeling di Pantai Krakal

Dikarenakan air lautnya yang cukup jernih, maka tidak mengherankan apabila banyak wisatawan yang melakukan snorkeling di pantai ini. Pemandangan bawah laut pantai Krakal memang sangat mengagumkan. Banyak ikan berwarna-warni yang berenang bebas di antara terumbu karang yang juga berwarna indah.

Bagi wisatawan yang tidak membawa alat snorkeling, wisatawan dapat menyewanya di pengelola pantai. Dengan membayarkan sebanyak 50 ribu hingga 70 ribu rupiah. Dari biaya tersebut, wisatawan sudah mendapatkan alat snorkeling yang lengkap dan sesuai dengan standard keamanan internasional.

3. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Krakal merupakan pantai dengan spot terbaik untuk berburu sunrise dan sunset di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari sini, wisatawan dapat menyaksikan sinar keemasan matahari yang muncul di pagi hari dengan perlahan.

Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan saat-saat matahari terbenam. Di mana sinar-sinar berwarna oranye perlahan menghilang dan berganti malam. Tidak jarang wisatawan yang tertarik untuk mengabadikan momen-momen tersebut di kamera mereka.

4. Melakukan Surfing

Ombak yang ada di Pantai Krakal tersebut lumayan besar, sehingga tidak mengejutkan jika banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan olahraga surfing di sini. Dengan melakukan olahraga ini, adrenalin Anda akan semakin tertantang untuk melewati tirai-tirai ombak tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan surfing tetapi belum mahir, di pantai ini juga menyediakan jasa pelatihan surfing sekaligus sewa peralatan surfing. Jadi, wisatawan yang tertarik dengan surfing tetapi belum terbiasa tidak perlu khawatir lagi.

Pantai Krakal Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Seperti halnya tempat wisata lainnya, ketika berkunjung ke Pantai krakal juga akan dikenakan biaya tiket masuk. Yang mana nantinya akan digunakan untuk menambah sarana dan prasarana yang ada di pantai tersebut. Selain itu, juga untuk memperbaiki beberapa fasilitas di pantai tersebut yang telah rusak.

Harga tiket yang dikenakan pada wisatawan juga cukup terjangkau, sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir. Untuk harga tiket masuk wisatawan lokal maupun asing dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan motor dikenakan biaya sebesar Rp 3.000.

Alamat Dan Rute Lokasi

Untuk menuju Pantai Krakal, wisatawan harus melewati jalanan beberapa kelokan yang lumayan tajam. Meskipun begitu, kondisi jalan sudah bagus dan juga halus untuk dilewati. Selain itu, di sekitar pantai tersebut juga tersedia beberapa kuliner khas Pantai Krakal. Dengan begitu, wisatawan dapat menyantap berbagai hidangan dengan diiringi deburan ombak.

Apabila Anda merupakan wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi pantai krakal tersebut, mungkin sedikit kesulitan. Namun jangan risau, sebab kami akan menunjukkan rute dan lokasi ke pantai tersebut, yaitu:

  • Berada di Desa Ngastirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Arah piyungan – Pathuk – Bundaran tugu BPD – Jl. Pantai Baron – Jl. Pantai Krakal

Lihat Google Map

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil murah di jogja.

Fasilitas

Selain menyuguhkan keindahan alam yang begitu memukau, untuk menambah wisatawan menjadi lebih nyaman, pengelola pantai juga menyediakan beberapa fasilitas. Beberapa fasilitas yang dimaksud adalah kamar mandi yang cukup bersih, area parkir yang luas, dan juga mushola.

Selain itu, dipantai ini juga tersedia fasilitas penginapan, yang mana memudahkan bagi wisatawan yang merasa belum puas bermain di pantai seharian. Di pantai ini juga tersedia tempat kuliner dengan olahan khas Pantai Krakal yang akan memanjakan lidah wisatawan.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Kukup

Ketika berwisata ke Pantai Krakal, selain akan disuguhkan pemandangan alam serta bebatuan yang indah, wisatawan juga disajikan pemandangan biota bawah laut yang sangat menarik. Terumbu karangnya masih terjaga dengan baik, yang mana membuat dunia bawah air terlihat semakin hidup. Maka tidak heran apabila pantai ini menjadi sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Gunung Kidul. Selamat berlibur!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *