Pantai Kukup

Pantai Kukup

Di Yogyakarta sendiri, sejak dahulu telah ada beberapa nama pantai yang cukup terkenal di kalangan masyarakat seperti Pantai Kukup misalnya. Pantai ini terkenal akan butiran pasir putihnya yang begitu halus ketika disentuh. Tidak hanya itu, pantai yang satu ini juga cukup unik dibandingkan beberapa pantai lainnya. Sebab, di pantai ini terdapat tebing karang yang lumayan besar dan berada di tengah pantai. Hal inilah yang cukup menarik perhatian wisatawan yang datang ke pantai.

Tidak hanya itu, pantai kukup ini juga memiliki suasana serta pesona layaknya di kawasan Tanah Lot. Perbedaan dari keduanya ialah, apabila di tebing Tanah Lot terdapat pura yang berdiri cukup kokoh. Pura ini menjadi ciri khas dari pantai kukup itu sendiri. Hamparan laut biru bisa dilihat dari atas sini. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 4 hari.

Sementara di tebing Pantai Kukup terdapat gardu menara pandang, yang mana sangat memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan dari atas. Nah bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, sebelumnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik Di Pantai Kukup

Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke Pantai Kukup saat liburan, sebab pantai ini memiliki daya tarik sendiri. Sehingga tidak mengejutkan apabila pantai ini sering dijadikan tujuan melepas penat. Daya tarik pantai kukup yaitu:

1. Bukit Karang Pulau Jumino

Kebanyakan pantai yang ada di wilayah Gunung Kidul mempunyai bukit karang yang berdiri kokoh dan juga menjulang tinggi. Namun tidak semua bukit karang tersebut bisa di akses wisatawan dengan mudah. Selain itu, beberapa pantai juga memiliki ombak yang besar dan ganas.

Bukit karang yang lebih sering disebut dengan nama pulau Jumino ini dapat dijangkau oleh wisatawan yang datang. Untuk menuju pulau Jumino tersebut, wisatawan dapat menggunakan fasilitas berupa anak tangga dan juga jembatan penghubung yang sangat kokoh. Saat berada di jembatan penghubung, banyak wisatawan yang mengambil foto di sana, dengan berlatar belakang pemandangan laut yang Indah.

Setelah sampai di pulau Jumino, wisatawan dapat bersantai di gazebo kecil yang telah disediakan, yang mana juga difungsikan sebagai gardu pandang. Dari atas bukit tersebut, wisatawan dapat melihat keindahan laut biru yang berkilauan.

2. Snorkeling di Pantai Kukup

Di beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul, wisatawan yang datang tidak dapat melakukan aktivitas snorkeling, sebab ombaknya lumayan besar. Namun, dengan berkunjung ke Pantai Kukup, wisatawan bisa menikmati aktivitas snorkeling sesuka hati.

Dengan melakukan aktivitas tersebut, memungkinkan wisatawan untuk berinteraksi secara langsung dengan biota bawah laut. Selain berinteraksi, wisatawan juga dapat merekam ataupun memotret aktivitas biota bawah laut yang cukup menarik perhatian.

3. Upacara Adat di Pantai Kukup

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar pantai kukup masih sering melaksanakan upacara adat. Upacara tersebut sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan “Sedekah Laut”. Acara ini dilakukan bersamaan dengan musim nelayan yang akan melaut.

Upacara adat ini merupakan sebuah bentuk dari rasa besyukur masyarakat sekitar atas hasil laut yang melimpah. Selain itu juga bentuk ucapan syukur atas perlindungan dari bahaya yang mungkin melanda tempat tinggal masyarakat.

tiket masuk pantai kukup

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Setiap tempat wisata, baik wisata sejarah, alam, ataupun buatan biasanya akan dikenakan biaya tiket sebelum masuk ke kawasan wisata. Yang mana nantinya uang tersebut akan dipakai untuk memperbaiki serta menambah beberapa sarana dan juga prasarana yang lebih memadai.

Dengan membayar tiket masuk, keamanan dari wisatawan yang berkunjung juga lebih terjaga. Untuk harga tiket yang harus dibayarkan wisatawan ketika memasuki tempat ini juga cukup ekonomis. Untuk wisatawan lokal dan asing dikenakan biaya sebesar Rp 10.000  per orang. Sedangkan untuk biaya tambahan parkir motor sebesar Rp 3.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000.

Alamat Dan Rute Lokasi

Kawasan pantai ini cukup mudah dijangkau dari pusat kota Yogyakarta karena letaknya lumayan strategis. Yakni di Jl. Pantai Selatan Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Selain itu, kondisi jalannya pun sudah di aspal, sehingga memudahkan wisatawan yang berkunjung. Sedangkan untuk kendaraan yang dapat masuk ke kawasan pantai ini tidak hanya kendaraan pribadi, melainkan juga kendaraan umum seperti bus atau sewa mobil di jogja.

Apabila ini adalah kali pertama Anda berkunjung ke pantai kukup ini, Anda dapat mengikuti rute yang akan kami berikan. Dengan begitu perjalanan yang Anda lakukan menjadi lancar. Rute menuju pantai kukup: Jl. gading / Jl. Tumpak Playen – Jl. Playen paliyan – Jl. Raya Panggang Wonosari – Jl. Pantai Selatan Jawa, lihat Google Map.

Fasilitas

Salah satu hal yang memikat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini adalah tersedia fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas yang ada di pantai ini adalah penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas tersebut seperti toilet, Mushola, dan juga tempat makan yang menyediakan berbagai hidangan laut khas pantai kukup.

Selain itu, di pantai tersebut juga banyak pedagang yang menjual berbagai macam hasil laut seperti ikan hias yang indah. Sehingga para wisatawan dapat membelinya untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga ataupun dijadikan hiasan rumah.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Stonehenge Merapi

Apabila Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta, atau lebih tepatnya ke Gunung Kidul, Anda harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pantai Kukup. Selain bisa berburu spot foto yang menarik dan juga cantik, Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat untuk disantap, beserta fasilitas yang cukup memadai lainnya yang ada di pantai ini. Ayo jadikan liburan Anda lebih seru dan menyenangkan di Pantai ini. Selamat berlibur!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *