Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal menjadi sebuah destinasi wisata Gunung Kidul yang mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Meski baru resmi dibuka tahun 2012, namun namanya telah tersohor hingga ke luar wilayah Jogja. Keindahan pasir putih dan hijaunya bukit karang yang tinggi menjadi daya magnet tersendiri. Meski berada di jajaran laut pantai Selatan Jawa, namun ombaknya jauh lebih tenang.

Penamaan pantai dengan nama ‘Pok Tunggal’ memiliki sebab musabab yang didasarkan atas kondisi geografisnya. Jika diperhatikan dengan seksama, di area pantai terdapat pohon yang cukup besar dan rindang yang berjumlah hanya satu atau tunggal. Masyarakat sering menyebutnya dengan istilah pohon Duras. Nah, dari sinilah muncul sebuah istilah Pok Tunggal dimana Pok memiliki arti kayu atau dahan.

Pemandangan di bukit karang setinggi 50 meter ini juga seringkali menjadi lahan bermain segerombolan monyet-monyet yang lincah. Binatang primata ini suka mencari makan di bukit sebelum akhirnya kembali ke habitat aslinya yaitu kawasan hutan di pinggir pantai. Sedangkan pemandangan di sepanjang pantainya sangat bersih dari pencemaran. Pihak pengelola sangat ketat memberlakukan sanitasi lingkungan di tempat ini demi terciptanya destinasi wisata yang kondusif. Kami telah merangkum destinasi wisata ini dalam paket tour jogja murah terlengkap.

Daya Tarik Wisata Pantai Pok Tunggal

Beberapa daya tarik wisata dari pantai yang dikenal dengan istilah ‘Pok tunggal’ ini antara lain:

1. Berenang

Berenang menjadi aktivitas wajib saat Anda berkunjung ke pantai ini. Ombak pantainya juga cenderung lebih tenang meskipun sesekali terlihat besar pada musim-musim tertentu.

Selanjutnya, sambil berenang tak ada salahnya jika sembari berolahraga diving maupun snorkeling di pantai. Ombaknya yang tenang menjadikan aktivitas tersebut aman dilakukan.

2. Menikmati Pohon Duras dan sumber mata airnya

Pohon Duras menjadi tanaman ikonik pantai Pok Tunggal. Tidak afdhol rasanya jika tidak menyempatkan diri berfoto di bawah rindangnya pohon ini.

Satu lagi yang pastinya akan menarik perhatian wisatawan. Sekitar pohon Pok Tunggal, terdapat aliran sungai bawah tanah yang jernih dan tawar. Sungai inilah yang dijadikan sebagai sumber mata air penduduk sekitar.

3. Bukit Karang

Pesona bukit karang yang terletak di daerah Barat dan Timur pantai menjadi daya tarik yang luar biasa. Dua bukit tersebut memiliki sebutan yaitu ‘Bukit Tirta Pok Tunggal Asri’ di sebelah Barat, dan ‘Bukit Panjong’ di bagian Timur. Kedudukan dua bukit tersebut menjadi hijab atau penutup dari keindahan Pok Tunggal.

Pengunjung diperbolehkan untuk mendaki ke puncak bukit tersebut. Terdapat jalur yang aman untuk didaki meski dengan peralatan seadanya. Keberadaan surga dunia akan terlihat jelas dari puncak bukit karang. Sejauh mata memandang, terlihat luasnya lautan dengan sensasi suara deburan ombak dan angin pantai yang semakin kencang.

Pantai Pok Tunggal jogja

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang ditetapkan sangat terjangkau yaitu hanya Rp 10 ribu saja. Kabar baiknya adalah dengan hanya bermodal satu tiket tersebut, pengunjung sudah mendapatkan akses masuk ke beberapa destinasi sekaligus. Deretan pantai yang bisa dikunjungi tersebut jaraknya sangat berdekatan yaitu pantai Kukup, Baron, Indrayanti, Sundak, Krakal, Drini, dan Sepanjang. Benar-benar wisata yang hemat dan murah meriah.

Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan dengan nominal yang sudah ditetapkan. Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua, tarifnya sebesar Rp 3 ribu rupiah. Sedangkan untuk roda empat seperti mobil pribadi tarifnya Rp 10 ribu rupiah. Berbeda ketika kendaraannya cukup besar seperti elf atau bus, maka tarifnya mulai dari Rp 15 – Rp 25 ribu rupiah.

Alamat dan Rute Lokasi


Pantai Pok Tunggal yang berada di Kabupaten Gunung Kidul berjarak kurang lebih 70 Kilometer dari pusat kota Jogja. Waktu tempuh kendaraan menuju lokasi sekitar 2 jam perjalanan. Alamat pantai ini persis berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus.

Akses ke lokasi pantai sebenarnya sangat strategis dan mudah dijangkau. Hanya saja, dalam jarak satu kilometer menuju pantai, pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan setapak yang berbatu. Dibutuhkan kehati-hatian saat melintas dengan kendaraan bermotor.

Rute tercepat yang harus ditempuh adalah melewati Jalan Imogiri Barat hingga sampai di Jalan Imogiri Siluk dan Jalan Siluk Panggang. Selanjutnya, setelah dijumpai sebuah pertigaan jalan, beloklah ke arah Timur menuju Jalan Raya Panggang Wonosari. Ikuti terus jalan ini hingga akhirnya tiba di Jalan Pantai Selatan Pulau Jawa. Setelah melewati jalan ini, maka akan ditemukan pertigaan jalan yang jika mengambil arah Selatan akan sampai di Pok Tunggal. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini bersama rombongan, Anda bisa menggunakan jasa rental bus pariwisata jogja.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di Pok Tunggal cukup memadai untuk menunjang aktivitas pengunjung. Mulai dari fasilitas yang primer seperti toilet, mushola, area parkir, warung makan, hingga kebutuhan yang tersier seperti penginapan. Sekitar area pantai terdapat beberapa penginapan murah yang bisa Anda sewa untuk beristirahat.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Drini

Sambil menikmati keindahan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi, Anda bisa menyewa payung pantai untuk menghindari panasnya matahari yang terlalu terik. Anda juga bisa menyewa tenda dome untuk berkemah di camping area yang telah disediakan. Sembari menikmati sunset yang indah, malam yang bertabur bintang di langit Pok Tunggal juga menjadi bonus bagi wisatawan yang berkemah.

Pantai Pok Tunggal akan menjadi destinasi wisata paling menawan yang pernah Anda kunjungi. Selain pantai, Pesona pohon Duras dan hijaunya bukit tak bisa dipungkiri lagi. Rasanya tidak berlebihan jika pantai ini disebut dengan istilah ‘Hidden Paradise’ atau surga yang tersembunyi di balik bukit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *