Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal

Pantai pulang sawal adalah salah satu pantai bersih yang ada di Gunung kidul. Pantai ini lebih dikenal dengan nama pantai indrayanti oleh kebanyakan orang, sementara itu nama pulang sawal malah terdengar asing dan tidak familiar dengan nama pulang sawal. Terdapat puluhan pantai di Jogja yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berlibur. Mulai dari pantai pasir hitam sampai dengan pantai pasir putih.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah, budaya dan juga seni semata. Namun kota ini juga menyimpan aneka macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata tersebut juga tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, namun juga mancanegara. Pantai merupakan pilihan wisata yang sangat sesuai dengan kebutuhan wisatawan, yakni tenang dan juga damai. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 1 hari.

Jika ingin mengunjungi pantai yang memiliki pasir berwarna putih, maka jawabannya adalah pantai indrayanti. Sebenarnya hampir semua pantai di gunung kidul memiliki pasir yang berwarna putih. Kalau untuk pasir yang berwarna hitam, Anda bisa menemukannya di daerah Bantul. Indrayanti merupakan salah satu pantai yang paling ramai dan banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Daya Tarik Pantai Pulang Sawal

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ada di pantai indrayanti:

1. Jetski

Jika ingin bermain jetski di Jogja, maka salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah pantai indrayanti ini. harga sewa jetski cukup mahal memang, yakni Rp. 250.000 dalam jangka waktu 15 menit. Waktu yang cukup singkat untuk sekedar bermain jetski. Meskipun dapat dikatakan mahal, namun orang yang mengantri ingin bermain jetski ini tetap ada setiap hari.

2. Pasir putih dan air yang bening

Kebanyakan pantai yang ada di gunung kidul memang sangat bersih dan memiliki air yang bening. Jadi tidak heran jika pantai-pantai tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Begitu halnya dengan pantai indrayanti ini, sayangnya karena pengunjung yang sembarangan meninggalkan sampah, beberapa sudut di pantai ini malah kotor dan terlihat pemandangan beberapa sampah bungkus makanan instan dan juga rokok.

3. Gazebo

Di pantai indrayanti, Anda akan menemukan beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat maupun sebagai tempat makan dan minum bersama dengan keluarga. Gazebo ada yang menyatu dengan kafe maupun ada yang berdiri sendiri hasil dari pembangunan warga sekitar.

4. Tracking pantai

Pantai indrayanti meskipun merupakan pantai yang landai, namun melakukan aktivitas tracking tetap bisa dilakukan di pantai ini. Bahkan pantai ini setiap tahunnya selalu dijadikan sebagai lokasi makrab atau malam keakraban dalam rangka orientasi mahasiswa baru berbagai macam kampus di Jogja. Garis pantai yang panjang membuat aktivitas tracking akan lebih menyenangkan dan juga lebih menantang.

5. Berenang

Saking beningnya air pantai, Anda bisa berenang dengan santai di pantai ini. Namun harap perhatikan ombak yang sedang berlangsung, kadang ombak memiliki ketinggian yang berbahaya pada musim hujan. Jangan lupa membawa baju ganti jika memiliki niatan untuk berenang. Anda juga bisa menyewa pelampung agar lebih aman dan lebih tenang karena tidak bisa berenang.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai indrayanti ini adalah sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya. Biaya lainnya yang harus Anda keluarkan adalah jika Anda ingin menyewa payung untuk berteduh, yakni sebesar Rp. 25.000. Ada pula permainan jet ski yang dapat Anda mainkan sejenak dengan tariff harga Rp. 250.000 saja per 15 menit. Hal menariknya adalah harga tersebut sudah merupakan harga tiket masuk ke seluruh pantai di Gunung Kidul lainnya.

Rute Lokasi


Lokasi pantai ini tepatnya berada di desa Tepus, Gunung kidul. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 65,9 kilometer. Sementara itu waktu tempuh menggunakan sepeda motor adalah sekitar 1 jam 50 menit tergantung dari tingkat kemacetan. Untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan harga Rp. 4000 dan Rp. 15.000 untuk mobil. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil di jogja.

Fasilitas

Terdapat berbagai macam fasilitas yang ada di pantai pulang sawal ini, fasilitas tersebut akan memberi kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada di pantai indrayanti:

  • Gazebo
  • Toilet
  • Musholla
  • Toko oleh-oleh
  • Penginapan
  • Parkir luas
  • Wahana bermain anak
  • Jetski

Dulunya pantai ini tidak langsung diberi nama sebagai pantai indrayanti, namun pulang sawal terlebih dahulu. Pemerintah gunung kidul memberi nama pantai ini dengan nama pulang sawal atau lebih sering disingkat dengan nama pulsa. Waktu nama pantai ini masih bernama pantai pulang sawal, belum terpikirkan oleh warga sekitar untuk melakukan pembangunan sedemikian rupa.

Lihat juga tempat wisata jogja lainnya: Pantai Watu Kodok

Kondisi di sekeliling pantai dulunya dikelilingi dengan tumbuhan tanaman pandan laut dan juga semak belukar. Tumbuhan tersebut oleh warga sekitar kemudian dijadikan sebagai pakan ternak. Pada tahun 2009, ada pihak luar yang mencoba untuk mendirikan kafe di daerah pantai tersebut. Kafe tersebut diberi nama indra dan juga yanti, sehingga disingkat indrayanti.

Tidak disangka, kafe tersebut menjadi ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sejak saat itu, pembangunan berbagai macam fasilitas di pantai itu terus dibangun oleh warga sekitar dan dibantu juga oleh pemerintah. Hanya dalam waktu singkat saja, nama pantai indrayanti melambung sangat cepat dan ramai oleh pengunjung. Akhirnya keberadaan pantai tersebut dapat membantu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Tertarik untuk datang berkunjung ke pantai pulang sawal alias indrayanti?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *