Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah satu dari objek wisata alam daerah Gunung Kidul yang keberadaannya terkenal hingga ke mancanegara. Bukan tanpa alasan, pantai ini memiliki pemandangan pasir putih serta pegunungan batu karang yang sangat eksotis. Kondisi alam sekitar pantai juga masih terjaga kebersihannya. Pemandangan alam yang cantik dan mempesona akan sangat jelas terlihat di sini.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, penamaan pantai dengan kata ‘Siung’ memiliki alasan tertentu. Nama tersebut disematkan berdasarkan kondisi geologis dari pantai itu sendiri. Deretan bebatuan karang yang berada di sekeliling pantai diklaim mirip dengan gigi dari seekor kera dalam cerita sejarah. Sedangkan nama dari kera tersebut adalah Siung Wanara. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 4 hari.

Daya Tarik Wisata Pantai Siung

Sebagai objek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, tentunya banyak sekali daya tarik dari wisata pantai ini. Beberapa daya tarik tersebut antara lain:

1. Berenang di air yang jernih dan segar

Selain bermain pasir putih, wisatawan yang datang pasti akan menyempatkan untuk menceburkan diri ke pinggir pantai. Kelebihan dari pantai ini adalah tingkat savrty yang aman karena di sepanjang bibir pantai terdapat bebatuan karang. Deretan batuan karang tersebut hanya sedalam 1 meter sehingga wisatawan yang ingin berenang tidak perlu takut tenggelam.

Kondisi air pantai sangat bersih dan jernih karena belum tercemar oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Bahkan sebagian besar masyarakat pantai bergantung pada air laut yang asin. Pasalnya, banyak warga yang berprofesi sebagai petani garam yang memanfaatkan air laut ini.

2. Olahraga Panjat tebing

Panjat tebing menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan domestik maupun asing untuk berkunjung. Deretan tebing yang berada di sepanjang pantai tersebut dimanfaatkan sebagai area panjat tebing yang berstandar Internasional. Terdapat 250 jalur panjat yang bisa digunakan sebagai medan kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba olahraga ini dapat dipandu oleh instruktur yang sudah profesional. Peralatan yang digunakan pun sudah dijamin memiliki tingkat safety yang tinggi. Akan tetapi, pengunjung juga harus membayar tiket terlebih dahulu untuk dapat mencoba wahana yang menantang ini.

3. Camping area

Terdapat spot camping area bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di pinggir pantai. Sebelumnya, wisatawan yang ingin mendirikan tenda harus membayar biaya menginap terlebih dahulu sebesar Rp 10.000 rupiah per tenda.

Kegiatan berkemah ini bisa menjadi alternatif bagi pengunjung yang tidak mendapatkan tempat di rumah panggung. Suasana malam yang dingin dan angin yang kencang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Tiket Masuk Pantai Siung

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk menuju ke kawasan pantai sebesar Rp 10.000 rupiah per orang. Pintu masuk ini jaraknya cukup jauh dari lokasi pantai. Sehingga tarif tersebut juga sudah termasuk tiket masuk menuju ke pantai Jogan dan Nglambor. Kedua pantai tersebut lokasinya tidak jauh dari pantai yang diberi nama ‘Siung’ ini.

Biaya lain yang harus dibayarkan saat akan menuju kawasan wisata adalah retribusi parkir. Biaya yang harus dibayarkan untuk kendaraan roda dua adalah sebesar Rp 2.000 rupiah. Sedangkan untuk kendaraan roda empat seperti mobil, biaya yang dibebankan mencapai Rp 5.000 rupiah. Retribusi untuk kendaraan yang berukuran besar seperti bus sedikit lebih mahal yaitu Rp 10.000 rupiah.

Alamat dan Rute Lokasi


Pantai Siung termasuk ke dalam wilayah Dusun Tepus, Desa Purwodadi. Dusun ini sudah berada di Kecamatan Purwodadi, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak lokasi pantai menuju pusat kota Jogja sendiri cukup jauh yaitu sekitar 77 Kilometer. Waktu yang dibutuhkan dari pusat kota untuk menuju area pantai dapat menghabiskan waktu sampai dua jam perjalanan. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di jogja jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Rute termudah yang harus dilalui manakala Anda berada di pusat kota adalah melalui Jalan Jogja-Wonosari. Setelah sampai di perempatan besar, beloklah ke arah Selatan hingga Anda sampai di Jalan Kyai Legi. Kemudian berturut-turut melewati daerah Tepus dan jalan pantai Selatan Jawa. Di pinggir jalan akan ditemukan rambu-rambu untuk menuju arah pantai yang dituju yaitu ‘Siung’.

Fasilitas

Fasilitas yang berada di area pantai cukup mendukung. Tersedia banyak toilet serta kamar mandi bilas yang bersih dan higienis. Di area sekitar pantai juga disediakan mushola untuk menjalankan ibadah sholat umat muslim. Keadaan bangunan mushola cukup besar untuk menampung banyak jamaah sekaligus.

Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat area parkir dengan ukuran yang cukup luas dan tertata rapih. Para pengunjung yang datang dengan berkendara, wajib memarkirkan kendaraannya di sini. Sepanjang area pantai juga tersedia banyak warung makan atau stand-stand camilan yang enak dan lezat. Anek menu jajanan dan makanan berat tersedia dengan harga yang masih terjangkau.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Pulang Sawal

Satu lagi fasilitas penunjang yang tak kalah fantastis. Terdapat pendopo atau rumah panggung yang sengaja dibuat untuk beristirahat dan tiduran bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai. Sayangnya, tempat ini hanya ada sebuah dan mampu menampung maksimal 20 orang saja

Pantai Siung tidak pernah kehilangan pesona untuk menjadi rujukan wisata yang eksotis. Selain menikmati keindahan pantainya yang bersih dan jernih, Anda juga bisa menaiki bukit yang berada di sebelah Timur pantai. Ada jalan setapak khusus bagi wisatawan yang ingin mendaki ke atas bukit tersebut. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pesona laut berpasir putih serta hamparan sawah dan ladang yang menghijau sangat memanjakan mata.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *