Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak termasuk ke dalam deretan pesisir Selatan laut Jawa yang menyedot pengunjung untuk datang. Kumpulan bebatuan karang di sepanjang pesisir menjadi ciri khas dari pantai yang menyimpan banyak sejarah ini. Bahkan di bagian Timur terdapat batuan karang berongga yang berukuran cukup besar dengan tinggi sekitar 12 meter. Rongga tersebut menyerupai goa yang di dalamnya mengeluarkan sumber mata air tawar.

Awalnya, masyarakat menamai pantai ini dengan istilah ‘Wedibedah’ yang artinya pasir terbelah. Alasannya, terbentuk semacam aliran sungai dari daratan menuju laut saat musim penghujan tiba. Pasir pantai menjadi terbelah karena mengalirkan debit air yang tinggi dari daratan. Pemandangan ini hanya terjadi saat musim penghujan dan pasir pantai akan kembali seperti semula saat kemarau. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja 2 hari.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya nama pantai diubah menjadi ‘Sundak’ yang merupakan singkatan dari ‘Asu’ dan ‘Landak’. Konon, pernah terjadi perseteruan antara dua binatang tersebut yang terjadi di dalam gua bukit karang di tepi pantai. Perkelahian pun dimenangkan oleh sang anjing karena ia terlihat keluar dari gua dengan sisa-sisa landak di dalam mulut. Sang anjing keluar dari gua dalam keadaan basah yang akhirnya menunjukkan pada warga bahwa di dalam terdapat sumber air tawar.

Daya Tarik Wisata Pantai Sundak

Beberapa daya tarik wisata pantai yang penuh dengan cerita legenda ini antara lain:

1. Berenang di perairan penuh bebatuan karang

Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo ini sedikit berbeda dibandingkan pantai lainnya yang lokasinya tak jauh dari sini. Di sepanjang bibir pantai, wisatawan yang akan berenang atau bermain air justru disuguhkan dengan bebatuan karang berukuran kecil. Karang dan kerikil tersebut memenuhi bibir pantai hingga sejauh 40 meter ke tengah laut.

Butuh kehati-hatian saat berenang diantara bebatuan karang. Meski tak dalam, namun bebatuan karang tersebut cukup tajam dan runcing. Bisa-bisa kaki akan tergores oleh karang tersebut. Sembari berenang, Anda bisa menikmati biota laut seperti ikan-ikan kecil yang berseliweran diantara bukit karang.

2. Pemandangan sejumlah bukit karang dengan sumber mata air di salah satunya

Daya tarik lain pantai ini adalah kumpulan bukit karang dalam berbagai ukuran. Yang paling menarik perhatian adalah batuan karang sebelah Utara yang tingginya mencapai 12 meter. Karang tersebut terdapat sebuah rongga cukup besar menyerupai goa sehingga dapat dimasuki oleh wisatawan yang ingin selfie. Di dalam bukit karang terbesar inilah yang memancarkan sumber mata air tawar yang terkenal.

Konon, kumpulan karang ini berasal dari dalam lautan yang mengalami surut secara drastis. Alhasil, tampaklah ke permukaan berbagai macam ukuran bebatuan karang yang bisa Anda nikmati hingga saat ini.

3. Camping area

Pantai ini memang menyediakan area camping bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda. Namun, pihak pengelola belum bisa menyediakan fasilitas berupa peralatan camping yang lengkap. Pengunjung harus membawa semua perlengkapannya sendiri.

Menghabiskan waktu di malam hari dengan berkemah akan menjadi moment luar biasa. Gugusan bintang dan indahnya bulan akan menjadi pemandangan yang indah di saat cuaca sedang cerah. Momen kebersamaan dengan teman atau keluarga tercinta akan menghangatkan malam yang dingin.

Pantai Sundak jogja

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan pantai ini pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Pada hari-hari selain weekend yaitu Senin-Jum’at, tarif yang harus dibayarkan sebesar Rp 5.000 rupiah. Sedangkan saat weekend tarifnya naik menjadi Rp 6.000 rupiah.

Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar biaya parkir kendaraan. Bagi kendaraan roda dua atau sepeda motor, biaya parkirnya sebesar Rp 2.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil atau roda empat lainnya, tarifnya sebesar Rp 5.000 rupiah.

Alamat dan Rute Lokasi


Pantai Sundak beralamat di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Jarak pantai dari pusat kota Jogja cukup jauh yaitu sekitar 65,3 Kilometer. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor membutuhkan waktu hampir 2 jam lamanya. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja murah jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Rute yang bisa Anda lalui saat menggunakan kendaraan pribadi adalah dengan melewati jalur Imogiri maupun Wonosari menuju arah Kecamatan Tepus. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan transportasi umum, mulailah dengan mencari bus arah Pasar Wonosari di Terminal Giwangan Jogja. Sesampainya di pasar, Anda bisa mencari bus kecil arah Pantai Baron dan Krakal karena lokasinya dekat dengan Sundak. Setelah menemui pertigaan, Anda bisa turun dan berjalan kurang lebih 1 KM menuju pantai yang dituju yaitu Sundak.

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang ada di kawasan wisata Sundak ini cukup baik. Terdapat toilet umum, kamar mandi ganti, area parkir, dan mushola. Bagi pengunjung yang merasa lapar, di sekitar destinasi banyak terdapat warung makan yang siap melayani. Tak hanya olahan seafood, aneka macam menu daging dan sayur juga tersedia.

Bagi wisatawan yang ingin berteduh dari teriknya matahari, terdapat sejumlah gazebo atau gubug-gubug kecil beratapkan alang-alang di tepian pantai. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung harus menyewa terlebih dahulu dengan sejumlah biaya. Tarif persewaan gazebo bervariasi mulai dari Rp 10.000-Rp 20.000 rupiah. Harga tersebut berubah-ubah sesuai dengan musim.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Candi Banyunibo

Pantai Sundak akan menyuguhkan nuansa yang berbeda bagi Anda yang suka travelling ke berbagai pantai di pesisir Selatan Jawa. Dengan tiket yang murah meriah, panorama bukit karang yang unik akan menjadi hadiah tersendiri bagi wisatawan yang datang. Selain itu, banyak spot-spot selfie instagenic yang siap memenuhi galeri foto Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *