Pantai Timang Jogja

Pantai Timang

Pantai timang merupakan destinasi wisata yang cukup atraktif dengan beberapa fasilitas yang cukup ekstream. Hal tersebut justru menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri.  Sekaligus menjadi keistimewaan yang tidak dapat dijumpai di daerah lain.

Pesona ekstream dari Timang beach membuat sensasi uji nyali yang cukup menegangkan tetapi menjadi suatu pengalaman yang menarik. Ada pula pengunjung yang sama sekali tidak tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata pantai tersebut. Lantaran tidak sanggup mengatasi ketakutan akan hal yang ekstream. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 3 hari 2 malam.

Daya Tarik Wisata Pantai Timang

Daya tarik dari destinasi wisata pantai ini tidak terletak dari pesona alam. Tetapi akses yang digunakan untuk menyeberang. Walaupun tergolong ekstream, namun justru menjadi sensasi uji nyali yang mengesankan.

Berikut ini adalah faktor yang menjadi daya tarik di Timang Beach :

1. Jembatan gantung

Jembatan gantung yang membentang dari bibir pantai menuju ke batu karang adalah spot yang cukup menarik. Lebar jembatan tersebut cukup sempit dan hanya dapat dilalui oleh satu orang. Ketika menyeberang, jembatan akan bergoyang.

Meskipun tergolong ekstream, tetapi cukup aman. Sebab di sisi kiri dan kanan terdapat tali yang dapat digunakan untuk berpegangan.

2. Gondola

Gondola ini adalah daya tarik yang paling utama dari destinasi wisata pantai tersebut. Bahkan gondola menjadi akses yang paling aman dari akses lainnya. Karena pengunjung hanya berdiri tanpa melakukan apapun hingga sampai di lokasi batu karang.

Untuk gondola yang tersedia di pantai ini, masih menggunakan tenaga manusia. Jadi operasional masih manual dengan cara ditarik. Tali yang digunakan dalam gondola juga sangat sederhana dan hanya berupa tali tambang. Tetapi cukup aman dan nyaman serta tali tidak mudah berkarat dengan percikan air laut yang memiliki kadar garam tinggi.

Lokasi Pantai Timang

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata pantai ini tidak terdapat tarif kontribusi tiket masuk apapun. Hanya saja pengunjung harus mengeluarkan retribusi untuk akses menuju ke pantai tersebut.

Biaya kontribusi akses cukup mahal. Tetapi hal itu sebanding dengan tingkat keekstreaman jalur yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan apapun, kecuali jeep dan motor track.

Sedangkan untuk kendaraan lain tidak akan sanggup melewati jalur yang sangat terjal. Pengunjung pun sangat diharapkan untuk tidak memaksakan diri melewati jalur sendiri. Sebab resiko yang akan diterima sangat tinggi, baik untuk kendaraan maupun diri sendiri.

Ada 4 buah akses untuk menuju ke destinasi wisata tersebut, yaitu jembatan gantung, gondola, mobil jeep dan motor trail. Tarif kontribusi untuk jembatan gantung sebesar 100.000 IDR per orang. Tarif tersebut berlaku untuk wisatawan lokal. Sementara untuk tarif kontribusi bagi wisatawan asing sebesar 150.000 IDR – 200.000 IDR.

Tarif akses untuk gondola sebesar 150.000 IDR per orang. Untuk akses ini merupakan akses yang paling aman daripada akses lainnya.

Sedangkan untuk tarif kontribusi akses dengan motor jeep sebesar 350.000 IDR. Tarif tersebut untuk jasa sewa. Sebuah motor jeep dapat menampung 4 – 5 orang. Sehingga tarif sewa jeep tersebut bukan per orang, melainkan untuk 4 – 5 orang.

Untuk tarif akses dengan motor trail sebesar 50.000 IDR. Jenis akses ini adalah akses yang paling ekstream daripada akses lainnya. Sebab pengaman motor cukup minim untuk ukuran jalur yang sangat terjal.

Alamat Dan Rute Lokasi


Alamat dari destinasi wisata pantai ekstream ini terletak di Jl Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi dari pantai memang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Waktu perjalanan yng dibutuhkan pun dapat mencapai ±3  jam.

Rute perjalanan menuju ke destinasi wisata pantai timang tersebut dapat dimulai dari Kota Yogyakarta dengan menyelusuri jalur Jl Wonosari – Jogja. Lalu setelah sampai di pertigaan yang menuju ke arah pusat destinasi pantai Gunungkidul, ambil arah yang menuju ke pantai Baron.

Sepanjang jalan yang menuju ke arah Pantai Baron, terdapat pertigaan antara pantai Baron dan Pantai Siung. Lalu ambil arah yang menuju ke pantai Siung. Setelah sampai di pasar Dakbong, belok ke arah yang menuju ke Timang Beach. Ikuti petunjuk arah yang menuju ke destinasi wisata pantai ekstream tersebut. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil lepas kunci di jogja.

Jalur yang menuju ke arah pantai cukup ekstream dan dipenuhi dengan batu kapur. Namun view sepanjang jalan sangat bertolak belakang dengan jalan yang penuh dengan batuan kapur. Pengunjung pun akan disuguhkan dengan landscape pepohonan hijau yang tumbuh dengan lebat.

Setelah sampai di area parkir, lebih baik segera parkir kendaraan dan manfaatkan jasa akses transportasi yang telah disediakan. Apabila tidak ingin menggunakan jasa akses kendaraan, dapat menyeberang dengan jembatan gantung / gondola.

Fasilitas

Jenis fasilitas yang tersedia di pantai cukup kompleks dan mempunyai tingkat keselamatan yang cukup tinggi. Begitu pula dengan peralatan yang ada. Sehingga tidak perlu khawatir ataupun merasa cemas. Meskipun rasa cemas merupakan hal yang sangat wajar mengingat sensasi ekstream dari setiap akses yang menuju ke destinasi.

Fasilitas utama dari destinasi wisata ini terletak pada akses jalur untuk menyeberang. Fasilitas tersebut berupa jasa sewa mobil jeep, ojek motor trail, jembatan gantung dan gondola. Selain itu ada pula fasilitas umum yang tersedia seperti toilet dan tempat ibadah.

Lihat juga tempat wisata jogja lainnya: Kalibiru Kulonprogo

Sementara untuk fasilitas food court yang sangat khas adalah lobster. Hewan laut itu tersedia dalam mentah dan juga olahan. Dagingnya sangat fresh. Di destinasi wisata pantai juga terdapat beberapa outbond seperti flying fox.

Itulah review lengkap mengenai destinasi wisata ekstream Pantai Timang. Destinasi wisata tersebut merupakan referensi liburan yang cukup mengesankan. Karena akan mendapatkan suatu moment yang tidak mudah terlupakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *