Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung yang memiliki batu lumbung menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Menikmati suasana pantai dan gemuruh ombak laut tentunya akan menjadi sangat menyenangkan untuk sejenak meninggalkan rutinitas. Apalagi jika ketika ke pantai ini disertai orang-orang tercinta. Pasti, liburan ke pantai dapat menjadi daftar tempat liburan untuk keluarga.

Berlibur ke pantai tidaklah membosankan. Karena selain menikmati indahnya lautan Anda dapat melakukan kegiatan lain misalnya bermain pasir, piknik, dan menikmati sunset di pantai. Pantai ini memiliki sebuah batu yang dinamai watu lumbung karena berbentuk layaknya lumbung. Terletak sekitar 50 m dari bibir pantai watu lumbung dapat dinikmati oleh wisatawan ketika air sedang surut untuk melihat lebih dekat batu ini. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja murah terlengkap.

Daya Tarik Pantai Watu Lumbung

Setiap destinasi wisata biasanya memiliki keunikan-keunikan yang menarik wisatawan untuk mengunjungi wisata tersebut termasuk pantai ini. Perhatikan uraian berikut tentang keunikan-keunikan yang dimiliki oleh pantai ini.

1. Suasana pantai yang tenang

Menikmati liburan di pantai untuk mencari ketenangan dari riuhnya suasana kota serta menenangkan pikiran kerap dilakukan oleh seseorang yang sejenak ingin menjauh dari keramaian. Suasana pantai yang sepi dan juga sejuk akan membuat pikiran terasa tenang dan nyaman.

Tumbuhan yang hijau dan liar yang berada di sisi atas pantai membuat batu karang sejuk walaupun sedang panas. Selain itu, pada saat air laut sedang pasang separuh daratan pantai terkesan terlihat tenggelam.

2. Watu Lumbung yang indah

Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat 2 batu besar yang disebut masyarakat setempat dengan sebutan batu lumbung. Lokasi batu ini berjarak 50 m dari tepi pantai. Untuk melihat lebih dekat maka wisatawan perlu menunggu surutnya air laut dan menyebrangi itu untuk melihat watu lumbung. Watu lumbung dengan ukuran paling besar menyerupai lumbung tempat menyimpan padi.

Maka dari itu, masyarakat setempat menamainya watu lumbung. Nama pantai ini juga diambil dari bentuk batu tersebut. Pantai ini hampir menyerupai pantai Papuma yang berada di Jember dengan batu besar di tengah pantai. Letak perbedaannya pada bentuk bebatuannya.

3. Menikmati sunset berwarna emas

Berlibur ke pantai rasanya masih belum afdol apabila tidak menikmati suasana matahari terbit atau matahari terbenam. Di pantai ini Anda dapat menjumpai sunset atau matahari terbenam. Warna yang dihasilkan ketika matahari jelang tenggelam pun sangat menarik yaitu berwarna emas.

Maka, jangan lupa untuk menyiapkan kamera kesayangan Anda untuk memotret kecantikan sunset yang ada di pantai ini. Pantai ini juga instagramable karena pesona yang indah. Bagi Anda yang hobi fotografi Anda bisa hunting foto di pantai ini. Foto yang Anda jepret akan terlihat keren dan bagus tentunya.

Lokasi Pantai Watu lumbung

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp5000/orang untuk menikmati keeksotisan tempat ini. Hanya dengan harga terjangkau Anda sudah dapat bermain di pantai sepuasnya. Anda juga dapat melihat watu lumbung di pantai ini ketika air pantai sedang surut.

Sebagai tempat wisata pantai ini juga menyediakan lahan parkir untuk menjaga keamanan kendaraan Anda. Biaya untuk parkir sepeda motor yaitu sebesar Rp3000 sedangkan untuk kendaraan mobil sebesar Rp5000. Dengan begitu kendaraan Anda akan aman dan liburan Anda akan seru.

Alamat dan Rute Lokasi


Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 82 km dari pusat Kota Jogja. Sedangkan untuk perjalanan menuju wisata ini ditempuh kurang lebih dua jam 23 menit dengan waktu normal. Lokasi pantai ini berada di Ds. Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun terletak lumayan jauh dari pusat Kota Jogja namun pantai ini kerapkali dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa sewa mobil murah di jogja lepas kunci atau dengan supir jika ingin mengunjungi pantai ini.

Rute untuk menuju Pantai Watu Lumbung apabila Anda dari arah pusat Kota Jogja maka Anda perlu menuju ke timur tepatnya melewati jl. KH. Ahmad Dahlan ke jl. Panembahan Senopati 9. Jika Anda kebingungan dengan rute menuju pantai ini maka Anda bisa menggunakan bantuan maps atau peta yang telah disediakan oleh Google dan dapat Anda akses secara offline apabila tidak ada sinyal. Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan berkemah namun tetap waspada dan hati-hati ketika berada di pantai.

Fasilitas

Meskipun fasilitas yang dimiliki pantai ini belum terlalu lengkap namun ada beberapa fasilitas yang dapat Anda temui. Tersedia toilet umum dan ada juga warung kecil yang ada di sekitar pantai.

Apabila Anda ingin menikmati suasana pantai dengan berpiknik maka Anda dapat membawa bekal ke pantai dan makan bersama keluarga atau teman-teman Anda. Kemudian di pantai ini Anda juga bisa memancing apabila Anda memiliki hobi memancing sembari melihat lautan yang indah.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Pantai Sedahan

Itulah sedikit uraian tentang Pantai Watu Lumbung yang bisa menjadi referensi liburan Anda. Berlibur tidak perlu ke tempat yang mewah karena liburan sejatinya untuk menenangkan pikiran sejenak dari rutinitas. Berlibur bersama keluarga tercinta dengan melakukan hal-hal sederhana dan berlibur ke wisata alam seperti pantai akan membuat Anda bahagia.

Padatnya rutinitas yang Anda miliki atau stress karena pekerjaan memerlukan jeda untuk Anda berlibur. Karena, dengan berlibur Anda akan bisa me-refresh kembali pikiran yang semula ruwet menjadi lebih fresh dan tenang. Jadi, yuk segera lingkari kalender Anda untuk liburan!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *