Puncak Widosari

Puncak Widosari

Puncak Widosari berada pada ketinggian sekitar 1.017 mdpl dan dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2012. Namun kepopuleran dari Bukit yang ada di Kulon Progo ini pada tahun 2017 dengan akses jalan yang sudah diperbaiki. Konon katanya bukit ini dulunya digunakan untuk bertapa Pangeran Diponegoro. Nah, berkujung ke tempat ini tentu sekaligus menapak tilas kisah Pahlawan Nasional tersebut.

Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan tiga gunung dengan kemegahannya, yaitu Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu. Jika cuaca di Puncak Bukit Widosari cerah, wisatawan pun akan dibuat terpesona dengan indahnya bibir pantai selatan dari kejauhan.

Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata ke jogja terlengkap bersama guide profesional dan sudah termasuk hotel.

Puncak Widosari sangat cocok dikunjungi untuk wisatawan yang suka dengan suasana tenang dan udara yang sejuk. Bagi pecinta fotografi tentu tempat wisata jogja yang satu ini menjadi pilihan tepat karena Puncak Bukit Widosari menyuguhkan hamparan hijau yang luas dan menakjubkan, Jika Anda datang ketika cuaca cerah, Anda dapat menyaksikan dengan jelas ribuan pohon di bawah puncak.

Daya Tarik Puncak Widosari

1. Foto Cantik di Kawasan Puncak Widosari

Salah satu spot foto favorit dan menjadi ikon dari Puncak Widosari yaitu sebongkah batu yang begitu unik. Batu berada di ketinggian yang ukurannya cukup besar dan di bagian atasnya terdapat tumbuhan liar. Ada yang kurang jika Anda berkunjung ke Puncak Widosari tetapi tidak menyempatkan untuk berfoto di depan batu besar ini. Kombinasi pemandangan sekitar dengan batu besar di sampingnya akan menghasilkan foto yang bagus.

Spot foto favorit lainnya yaitu berfoto di Gardu Pandang. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk menghasilkan foto cantik yang berlatar belakang pemandangan alam. Setiap sudut dari Puncak Bukit Widosari yang indah menjadikan tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto maupun hobi fotografi.

2. Keindahan Panorama Alam dari Gardu Pandang

Puncak Widosari juga memberikan fasilitas berupa Gardu Pandang yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Selain untuk memperoleh hasil foto yang ciamik, dari Gardu Pandang ini Anda juga dapat menyaksikan panorama alam yang menakjubkan.

Keamanan berada di Gardu Pandang tentu tidak diragukan, karena konstruksi dibuat menggunakan beton. Gardu pandang juga dilengkapi dengan pengaman berupa pagar terbuat dari besi. Meskipun berada di ketinggian yang dikelilingi oleh jurang, tetapi Anda tetap aman dan nyaman berada di gardu pandang ini.

3. Bongkahan Batu Unik Menyerupai Wajah Manusia

Puncak Bukit Widosari memiliki ciri khas dan ikon berupa adanya bongkahan batu yang berukuran cukup besar. Bongkahan batu pun tergolong unik, karena jika dilihat dari puncak batu menyerupai bentuk wajah manusia. Banyak wisatawan yang kaget dengan penampakan alam tersebut.

4. Sunrise dengan Hiasan Tiga Gunung

Puncak Bukit Widosari menyuguhkan pemandangan dengan tiga gunung sekaligus. Ketika pagi hari mendatangi wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa. Sunrise atau matahari terbit dapat dilihat begitu jelas yang perlahan-lahan muncul di balik tiga gunung tersebut.

Lihat tempat wisata lainnya: Bukit Jangkang

Rasanya ada yang kurang jika berkunjung ke Kulon Progo namun tidak singgah sejenak di Puncak Widosari. Wisata murah ini dapat menjadi pilihan untuk merelaksasikan diri dari beban dan lelah karena rutinitas sehari-hari. Wisatawan juga dapat dengan nyaman menikmati suasana yang menenangkan dengan panorama indah yang disuguhkan.

Alamat dan Rute Lokasi Puncak Widosari

Puncak Widosari berdekatan dengan beberapa wisata di Kulon Progo yang tidak kalah terkenalnya seperti Puncak Suroloyo, Kebun Teh Tritis, dan Kebun Teh Nglinggo. Puncak Bukit Widosari tepatnya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Jalanan yang harus dilewati untuk sampai di lokasi cukup sulit, alangkah baiknya jika Anda menggunakan motor saja untuk sampai di lokasi. Selain itu, wisatawan harus menaiki anak tangga terlebih dahulu untuk sampai di Puncak Bukit Widosari.

Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 17 menit dengan jarak sekitar 38,9 km dari pusat kota Yogyakarta. Rute yang harus dilewati yaitu arahkan menuju Jln. Ahmad Dahlan, kemudian lurus melewati Jln. Wates hingga ada perempatan. Dari perempatan belok ke utara menuju Jln. Ringroad Barat sampai di perempatan ke arah barat menuju Jln. Godean. Dari Jln. Godean ini Anda akan menemukan perempatan dan arahkan kendaraan ke utara menuju Jln. Gedongan – Tempel.

Kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan jasa sewa bus jogja jika Anda bersama rombongan ingin mengunjungi tempata wisata ini.

Setelah itu, ada pertigaan belok ke arah barat melewati Jln. Daratan 3 hingga sampai di pertigaan ke selatan sampai di Jln. Kebon Agung. Kemudian arahkan kendaraan ke carat menuju Jln. Raya Banjararum sampai menuju Jln Samigaluh – Loano. Setelah itu, ada pertigaan ke utara menuju Jln. Tegalsari dan lurus terus hingga Anda sampai di Puncak Bukit Widosari

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk memasuki kawasan Puncak Bukit Widosari sebesar Rp. 5.000 per orang. Selain biaya masuk, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Kendaraan roda dua atau motor dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000 saja.

Fasilitas

Fasilitas di Puncak Bukit Widosari seperti toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat. Ada juga area parkir yang luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir kendaraan tidak dapat parkir di sana. Jika akan melaksanakan salat, wisatawan dapat menggunakan mushola yang ada di sekitar sana.

Jam Buka

  • Senin 06.00–18.00 WIB
  • Selasa 06.00–18.00 WIB
  • Rabu 06.00–18.00 WIB
  • Kamis 06.00–18.00 WIB
  • Jumat 06.00–18.00 WIB
  • Sabtu 06.00–18.00 WIB
  • Minggu 06.00–18.00 WIB

Tidak ketinggalan ada beberapa fasilitas pendukung lainnya yaitu Gardu Pandang dimana wisatawan dapat menatap keindahan alam dengan leluasa. Jika wisatawan merasa lapar, mereka dapat menyantap berbagai menu makanan yang disajikan oleh warung-warung makan di sekitar. Atau wisatawan juga dapat duduk-duduk santai di berbagai tempat duduk yang tersebar di Puncak Widosari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *