Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia Kemadang adalah salah satu taman bunga di kawasan Gunung Kidul yang sangat menarik wisatawan untuk datang mengunjungi. Taman ini dilengkapi dengan berbagai bunga-bunga celosia yang indah.

Anda yang suka berburu foto dengan spot indah, taman bunga celosia ini layak untuk Anda kunjungi. Ada apa saja ya di taman bunga yang indah ini? Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket city tour jogja 1 hari.

Daya Tarik Taman Bunga Celosia Kemadang

Apa sih yang menjadi daya tarik dari taman bunga celosia ini?

1. Hamparan bunga celosia yang indah

Celosia, umumnya dikenal sebagai “bunga wool,” adalah anggota keluarga bayam. Celosia adalah tanaman hias yang dapat dimakan karena mengandung mineral dan vitamin yang biasa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua.

Bunga Celosia adalah tanaman yang tidak bisa disiram terlalu banyak, dan membutuhkan tanah dengan pengairan yang sangat baik atau ditanam di tanah yang berat dengan tanah liat. Untuk itulah sangat hebat pemilik kebun ini bisa mengembangkan Celosia hingga besar seperti ini.

2. Spot foto yang instagramable

Anda yang suka dengan feed foto yang indah, taman bunga celosia ini adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda.

Ada berbagai spot foto yang sangat indah dan instagramable dan cocok untuk Anda yang suka keindahan. Jika Anda suka dengan keindahan dan mencari spot foto bagus, taman bunga celosia Kemadang adalah pilihan yang tepat.

tiket masuk Taman Bunga Celosia Kemadang

Harga Tiket Masuk

Bunga celosia adalah salah satu dari sekitar 45 spesies tanaman herba yang masuk ke dalam keluarga bayam (Amaranthaceae). Tanaman ini berasal dari Amerika tropis dan Afrika.

Sejumlah spesies, termasuk Celosia cristata, dibudidayakan sebagai tanaman hias untuk taman. Celosia cristata kadang-kadang juga disebut dengan bunga wool karena hampir mirip dengan bunga chaffy lebat yang agak berkilau.

Tanaman ini dicirikan memiliki daun sederhana dengan bunga  yang mencolok kecil seperti paku padat. Bunga ini kemudian  membentuk budidaya yang sering diratakan atau bergelombang dan membentuk kelompok bunga yang utuh dan indah.

Lihat juga tempat wisata jogja lainnya: Taman Ramadanu

Nilai kesehatan dalam bunga Celosia adalah beta-karoten daunnya sangat tinggi, memiliki kandungan vitamin E, asam folat, asam askorbat, kalsium, besi, protein 4,7%. Daun celosia juga mengandung amaranthine (betacyanin), asam oksalat (sekitar 0,2%) dan asam fitat (sekitar 0,12%). Jika Anda bersama rombongan ingin mengunjugi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental bus pariwisata jogja.

Untuk bisa masuk ke taman bunga ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5000 per orangnya. Sementara untuk biaya parkirnya hanya 2000 rupiah saja untuk yang membawa sepeda motor dan Rp 3000 untuk mobil.

Alamat dan Rute Lokasi


Anda yang penasaran dengan keindahan taman bunga Celosia, bisa datang ke Dusun Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak antara pusat kota Yogyakarta ke taman ini adalah sekitar 60 km atau menempuh jarak sekitar 2 jam.

Anda yang datang dari arah pusat kota Yogyakarta bisa mengambil jalur menuju Patuk. Dari Patuk ambil arah Sambi Pitu kemudian lurus sampai menemukan Lapangan Terbang Gading .

Sampai lapangan tersebut ambil ke arah kiri menuju kota Wonosari lalu ambil arah Playen. Dari Playen ambil arah ke Siono dan menuju ke arah Pantai Baron. Setelah itu Anda bisa mengambil arah ke kawasan Pantai Baron dan arahkan kendaraan menuju ke pantai Sepanjang karena taman ini lebih dekat dengan kawasan pantai Sepanjang.. Nah, taman Celosia tersebut terletak di sebelah selatan jalan menuju ke pantai Sepanjang.

Selain memiliki keindahan Celosia ini juga memiliki manfaat dalam meningkatkan penglihatan dan membatasi berbagai jenis perdarahan. Bunga yang indah ini sering digunakan dalam Pengobatan Tradisional Cina selama berabad-abad.

Celosia bekerja dengan sangat baik dalam kasus degenerasi retina, retinopati diabetik, penglihatan kabur, katarak, dan mata merah. Botani yang mengesankan ini juga digunakan untuk mengobati pendarahan rahim, tinja berdarah, dan wasir berdarah.

Memang, setiap bagian dari tanaman celosia menempati niche bernilai di dunia penyembuhan alami. Bunga-bunga celosia mampu menyembuhkan diare sementara daunnya digunakan sebagai dressing untuk bisul dan luka.

Benihnya Celosia mengurangi stres yang berpusat di dalam dada, dan bijinya juga bisa mengobati tulang yang patah.

Daun dan rebung muda bisa dimasak dan dimakan sebagai sayuran. Dalam kapasitas ini, celosia telah dipuji sebagai sayuran yang paling mudah untuk dibudidayakan, karena tidak membutuhkan apa pun selain menanam dan memanen. Tidak ada peralatan khusus, tidak ada pupuk, tidak ada pengawetan.

Fasilitas

Memang letak taman bunga celosia Kemadang ini sangat jauh dari pusat kota Yogyakarta. Ada baiknya jika ingin melihat keindahan bunga ini, Anda juga menganggarkan waktu untuk menjelajahi pantai-pantai yang indah di Gunung Kidul.

Apalagi kawasan taman ini juga cukup dekat dengan pantai Sepanjang. Ada baiknya jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai Sepanjang juga. Sekali jalan bisa dua kali wisata, mengapa tidak?

Nah, beberapa fasilitas yang tersedia di taman bunga celosia ini adalah:

  • Spot foto yang menarik
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Tempat makan
  • Toilet

Banyak tanaman Celosia yang menghasilkan biji dalam jumlah berlebihan dan siap untuk ditanam kembali dalam kondisi pertumbuhan yang sesuai. Bagian yang dapat dimakan dari bunga ini adalah daun, batang lunak, dan paku bunga muda yang bisa dimakan dengan cara direbus, atau dimasak dengan saus atau direbus dengan bahan lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *