Watu Amben jogja

Watu Amben

Watu Amben berada di salah satu puncak bukit seribu Gunung Kidul yang tidak jauh dari Bukit Bintang. Nama wisata Watu Amben berasal dari bahasa jawa, Watu artinya batu sedangkan Amben artinya sejenis tempat tidur. Di tempat wisata ini ada batu besar dan rata yang menyerupai ranjang, sehingga diambil nama Watu Amben.

Watu Amben terletak pada tepi jurang yang tertanam dengan ketinggian ratusan meter. Batu besar tersebut dulunya digunakan untuk tempat istirahat Kerajaan Mataram sambil melihat pemandangan di bawahnya. Selain tempatnya nyaman untuk beristirahat, watu ini juga menjadi tempat ini nyaman untuk melihat pemandangan indah di bawahnya. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja berbiaya hemat dan terlengkap.

Destinasi wisata yang ada di Gunung Kidul ini memiliki udara yang lebih segar dan aman karena letaknya yang tidak di pinggir jalan besar. Selain itu, watu amben juga memiliki sudut pandang yang lebih luar. Sehingga para wisatawan dapat menikmati pemandangan lebih luas dari atas bukit.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Watu Amben sebesar Rp. 3.000 dimana dengan biaya tersebut Anda dapat menikmati indahnya wisata sepuasnya sampai 24 nonstop. Waktu yang terbaik untuk menyaksikan pesona alam dari Watu Amben yaitu sebelum pukul 10.00 WIB, sebelum 18.00 WIB atau diatas jam 19.00 WIB.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Kendaraaan roda dua atau motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat atau mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.

Lihat tempat wisata lainnya: Jembatan Soka

Alamat dan Rute Lokasi

Watu Amben terletak di Jalan Dlingo – Patuk, tepatnya pada area Keun, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul. Wisata ini sudah terdapat di aplikasi google map sehingga Anda dapat dengan mudah mencari jalan menuju kesana. Jika Anda melalui perjalanan dimulai dari pusat kota Yogyakarta hanya menempuh perjalanan sekitar 18,3 km dengan waktu kurang lebih 47 menit.

Dari Pusat Kota Yogyakarta atau titik nol kilometer, arahkan kendaraan ke timur menuju Jln. Panembahan Senopati lurus hingga melewati Jln. Kusumanegara. Setelah itu Anda akan sampai di perempatan lalu belok selatan melewati Jln. Gedong Kuning dan ada perempatan arah ke timur melewati Jln. Wonosari. Dari Jln Wonosari ini lurus terus hingga melewati Jln. Dlingo – Patuk dan Anda akan menemukan papan petunjuk menuju Watu Amben.

Ada rute lain yang dapat Anda lewati yaitu arahkan kendaraan menuju Jln. Wonosari kemudian sampai di perempatan belok ke kiri. Kemudian Anda akan sampai di Bukit Bintang Patuk kemudian sampai di Pos Polisi Patuk dan belok kanan atau ke arah selatan mengikuti jalan aspal. Setelah menyusuri jalan sekitar 2 km, Anda akan sampai di Watu Amben yang letaknya di kanan jalan. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil matic jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas

Fasilitas di Watu Amben sudah cukup memadai seperti toilet, kamar mandi dan lahan parkir yang cukup luas. Ada juga beberapa gazebo yang tersebar di Watu Amben yang dapat digunakan untuk beristirahat. Tidak ketinggalan ada beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Daya Tarik Watu Amben

Watu Amben Sunset

1. Batu besar di Watu Amben

Sesuai dengan namanya yaitu Watu Amben, destinasi wisata ini memiliki objek berupa batu yang berukuran besar dan rata mirip seperti ranjang. Anda dapat menggunakan batu ini sebagai salah satu pilihan spot foto yang ciamik. Alangkah baiknya Anda berada di dekat batu tanpa perlu menaikinya, karena letak batu yang ada di pinggir jurang. Tetapi Jika Anda tetap menginginkan untuk menaiki batu, sebaiknya berhati-hati.

2. Keindahan Alam dengan Pemandangan yang Cantik

Berada di Watu Amben ini Anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan alam yang luar biasa. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat gunung-gunung dengan jelas. Seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing.

3. Menyaksikan Keindahan Sunset

Watu Amben menjadi salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Keindahan dari sunset sering menjadi pilihan untuk spot foto yang ciamik.

Saksikan keindahan matahari yang turun secara perlahan-lahan perbukitan sisi barat. Wisata yang berada di ketinggian menjadikan suasana di sekitar wisata begitu sejuk menjadikan Watu Amben sebagai salah satu wisata yang romantis.

4. Duduk Santai di Gazebo Watu Amben

Anda dapat duduk santai di Gazebo yang tersebar di Watu Amben sambil menikmati pesona alam yang disuguhkan. Menyaksikan indahnya alam pegunungan dengan rerumputan hijau akan membuat penat dan lelah dipundak Anda hilang dengan mudah.

5. Rasakan Suasana Malam di Watu Amben

Watu Amben tidak hanya menyuguhkan suasana sore yang indah saja, tetapi wisata ini juga menjadi wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Ketika malam tiba, Watu Amben hampir mirip seperti Bukit Bintang. Hanya saja Watu Amben belum sepopuler dan seterkenal layaknya Bukit Bintang.

Udara malam yang dingin di Watu Amben mengharuskan Anda untuk mengenakan pakaian panjang dan hangat. Anda dapat menyaksikan pemandangan kerlap-kerlip lampu menyala warga Yogyakarta. Layaknya seperti bintang-bintang yang bertebaran di langit.

6. Kondisi Alam yang Masih Asri

Watu Amben yang terletak jauh dari perkotaan dan berada pada ketinggian, menjadikan kondisi alam dari wisata masih asri. Udara dari Watu Amben masih bersih, segar dan sejuk. Ditambah lagi dengan pemandangan hijau di bawahnya karena banyaknya tumbuh-tumbuhan yang hidup disana.

Watu Amben tidak hanya indah ketika sore hari saja, tetapi juga indah menjadi wisata malam. Suasana Watu Amben yang sejuk dan romantis menjadikan wisata ini sering dikunjungi oleh mereka yang sedang kasmaran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *