Watu Goyang Mangunan jogja

Watu Goyang Mangunan

Berlibur merupakan suatu kegiatan yang banyak dinanti oleh semua orang, apalagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga. Momen liburan banyak di isi oleh sebagian orang untuk pergi ke tempat wisata. Di daerah Istimewa Yogyakarta terdapat beberapa tempat wisata yang mampu menarik para wisatawan dengan pesona keindahan alamnya. Salah satu destinasi yang terdapat di kota tersebut adalah Watu Goyang Mangunan yang terkenal karena keunikannya. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap.

Selain itu pemandangan perbukitan yang cukup hijau, di sini Anda juga dapat melihat keindahan gunung merapi yang sangat alami. Nah apabila Anda penasaran dengan beberapa keunikan wisata tersebut. Mari simak ulasan berikut mengenai tempat wisata ini.

Daya Tarik Wisata Watu Goyang Mangunan

Sebenarnya tempat wisata ini sudah ditemukan sejak zaman dahulu, seperti yang Anda ketahui nama tempat wisata ini adalah Watu Goyang Mangunan. Dalam bahasa jawa, arti nama wisata tersebut adalah batu yang bergoyang. Pada zaman dahulu masyarakat setempat mempercayai bahwa batu tersebut bisa bergoyang apabila disentuh atau didorong. Pengelola tempat wisata ini percaya bahwa keberadaan batu tersebut sudah cukup lama sejak ratusan tahun lalu.

1. Mengetahui Asal-Usul Nama Watu Goyang

Pemberian nama Watu Goyang ternayata mempunyai latar belakang tersendiri yang membuat banyak orang penasaran. Sebenarnya alasannya sangat cukup sederhana, hal ini dikarenakan oleh saman dahulu terdapat batu di atas puncak perbukitan. Batu tersebut dapat bergoyang apabila disentuh atau bisa juga jika didorong. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah fenomena yang sangat unik.

Dari kejadian tersebut, muncullah ide dari masyarakat zaman dahulu yang memberikan nama tempat tersebut dengan nama watu goyang. Jika diartikan menggunakan bahasa Indonesia yaitu batu yang bergoyang.

2. Menyuguhkan Destinasi Wisata Kekinian

Dengan panorama yang sangat indah, tempat wisata ini menyuguhkan hijaunya pemandangan perbukitan yang sangat luas. Di sini juga terdapat banyak berbagai latar pemandangan berfoto yang instagram banget. Salah satunya yaitu gardu pandang yang sengaja didesain dengan bentuk helikopter. Bahkan juga terdapat lahan bunga yang sangat indah dengan warna-warni bunga yang bermekaran.

Khusus untuk Anda yang hobi berfoto-foto, di sini menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Dengan udara yang masih segar dapat membantu menyegarkan tubuh Anda selepas sibuk bekerja. Selain itu, pemandangan yang diberikan dapat menenangkan pikiran Anda yang tegang.

3. Merasakan Sensasi Negeri Awan

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini pada pagi hari, di sini Anda bisa menyaksikan kabut putih. Bahkan Anda akan merasakan sensasi seperti di sebuah negeri awan, kejadian tersebut sangat indah dijadikan sebagai latar berfoto. Namun sangat disayangkan Anda tidak bisa melihat secara sempurna munculnya sunrise yang begitu indah.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir jika sore hari ditempat wisata ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang indah.

Watu Goyang Mangunan

Harga Tiket Masuk

Sebelum berlibur, pastinya Anda sudah merencanakan beberapa anggaran biaya yang akan dikeluarkan saat mengunjungi tempat wisata. Jika Anda mempunyai tujuan berwisata ke kota Yogyakarta dengan tujuan wisata ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai biaya masuk yang perlu dikeluarkan.

Nah berita baiknya untuk Anda yang ingin berlibur di sini, yaitu biaya masuk di tempat wisata ini ternyata gratis dan tempat selalu dibuka setiap hari. Hanya saja Anda pasti dikenai biaya parkir antara lain untuk motor sekitar Rp 2.000,- sedangkan untuk mobil sebesar Rp 7.000,-. Jika Anda datang dengan rombongan serta mengendarai minibus dapat dikenai biaya mulai Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,- untuk per unitnya.

Alamat dan Rute Lokasi


Nah mungkin untuk Anda yang tinggal di Jawa Tengah sudah tidak sulit lagi untuk menemukan alamat wisata ini. Namun berbeda untuk para wisatawan yang datang dari luar Pulau Jawa atau mungkin para wisatawan mancanegara. Pastinya akan mengalami kesulitan untuk mencari alamat tempat wisata ini. Agar Anda tidak kesasar simak berikut alamat wisata ini yang bertempat di Dusun Cempluk Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika Anda ingin menuju ke lokasi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil matic di jogja lepas kunci atau dengan supir.

Apabila Anda masih bingung untuk mencari alamat tersebut, ketahui rute menuju wisata ini dengan mengikuti jalan Imogiri lurus hingga penghujung jalan. Setelah itu Anda belok kekiri ke makam Imogiri, kemudian ikuti jalan hingga menemui papan ke hutan pinus. Ikuti jalan tersebut kurang lebih 4 km hingga menemukan gapura wisata ini disebelah kiri jalan.

Fasilitas

Walaupun tempat wisata ini tergolong masih baru Anda tidak boleh meremehkan tentang fasilitasnya. Hal ini karena pembangunan dan pengelolaan fasilitas tempat wisata ini dilakukan oleh masyarakat setempat bersama pemerintah. Jadi tidak heran jika fasilitas yang diberikan dapat dikatakan cukup lengkap untuk pengunjung yang sedang berwisata di sini.

Lihat juga tempat wisata lainnya: Puncak Suroloyo

Seperti halnya jika Anda ingin melakukan ibadah sholat di sini sudah disediakan musala, atau mungkin Anda merasa kelaparan dan ingin mencari makanan enak yang mempunyai ciri khas kota tersebut. Di sini tersedia juga warung makan dan minuman, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu juga ada toilet dan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat serat pengelola juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas.

Nah itu tadi merupakan ulasan mengenai tempat wisata Watu Goyang Mangunan yang mempunyai keunikan batu raksasa. Jika Anda penasaran buruan datang ke tempat wisata ini, semoga ulasan tersebut dapat membantu pengetahuan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *